Timnas U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan di luar negeri. (Foto: PSSI)

Tunjukkan Progres, Menpora Perpanjang TC Luar Negeri Timnas U-19

29 Sep 2020 14:43

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainuddin Amali menyetujui, rencana perpanjangan masa training camp atau pemusatan latihan luar negeri yang dilakukan Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-19

Menteri yang akrab disapa ZA itu menyampaikan, perpanjangan masa TC luar negeri ini dilakukan untuk mengamankan para pemain, pelatih, dan official tim dari ancaman penyebaran virus corona atau Covid-19 di DKI Jakarta dan sekitarnya yang kini penambahannya sangatn tinggi setiap harinya.

“Kami mendukung apabila Timnas yang sekarang berada di laur negeri memperpanjang durasi mereka di sana karena luar biasa progresnya. Teman-teman serta masyarakat menyaksikan bagaimana perkembangan positif mereka, pemerintah mendukung keputusan itu memperpanjang durasi latihan di luar negeri,” katanya dalam konferensi pers daring di Gedung Kemenpora Republik Indonesia, Jakarta, Selasa 29 September 2020 siang.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochammad Iriawan menyampaikan, sudah ada progres yang sangat baik ditunjukkan oleh tim sejak TC di Kroasia pada 29 Agustus 2020 lalu.

Hal itu terbukti dalam seluruh laga yang dijalani, Timnas berhasil mengantongi dua kemenangan ketika melawan Timnas Qatar U-19 dan Dinamo Zagreb U-19, lalu hasil seri ketika melawan Arab Saudi dan Qatar, sedangkan tiga lainnya berakhir dengan kekalahan ketika bersua Bulgaria, Kroasia, dan Bosnia Herzegovina.

Dalam laga uji coba terakhir semalam, skuad besutan Shin Tae-Yong itu berhasil berhasil mengalahkan Dinamo Zagreb dengan skor 1-0.

“Tentu ini kemajuan yang cukup menggembirakan, dan saya komunikasi terus dengan direktur teknik,” kata pria yang akrab dipanggil Iwan Bule itu.

Dalam rencana perpanjangan TC ini, purnawirawan polisi itu menyampaikan, tengah melakukan komunikasi dengan federasi sepak bola di Turki untuk menggelar TC sekaligus pertandingan persahabatan.

“Timnas kita sekarang masih di Kroasia untuk melakukan TC yang dalam jadwal akhir bulan ini selesai, tapi kita akan meneruskan sesuai arahan Pak Menteri, kalau masih bisa akan kita geser ke Turki atau tetap di Kroasia dengan friendly match,” katanya.