Gus Mus bersama Ulil Abshar Abdalla, Ienas Tsuroiya, dan Gus Yahya bersama isterinya. (Foto: Istimewa)
Gus Mus bersama Ulil Abshar Abdalla, Ienas Tsuroiya, dan Gus Yahya bersama isterinya. (Foto: Istimewa)

Tunaikan Ibadah Umrah, Ini Doa Gus Mus di Multazam

Ngopibareng.id Khazanah 19 February 2020 06:06 WIB

KH Ahmad Mustofa Bisri, bersama putri dan keluarganya, kini tengah melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci Makkah. Dalam rombongan itu, terdapat KH Yahya Cholil Staquf, Ulil Abshar Abdalla, dan Ienas Tsuroiya. Bersamaan dengan itu, ada juga tokoh lain dari Indonesia yang melaksanakan ibadah serupa.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Semoga Anda sekalian baik-baik saja," sapa Gus Mus, panggilan akrab Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibiin Rembang ini, pada akun facebooknya, Selasa 18 Februari 2020.

"Alhamdulillah, aku sudah berhasil berdoa dan mendoakan Anda sekalian (yang berhubungan denganku baik di dunia nyata maupun di dunia maya)," kata Gus Mus lagi.

Ibadah umrah memang kini banyak dilakukan umat Islam dari Indonesia. Dalam rangkaian ibadah itu, di Masjidil Haram, terdapat tempat-tempat yang khusus. Seperti di Multazam untuk berdoa, dan sunah mencium Hajar Aswad -- batu hitam, yang semasa Rasulullah pun melakukan hal serupa.

Sebagaimana ulama Indonesia lainnya berlatar belakang pesantren, Gus Mus pun mencurahkan harapannya lewat doa-doa yang dipanjatkan di tempat-tempat yang mustajabah di Tanah Suci Makkah.

"Selain --tentu saja-- mendoakan Indonesia dan bangsa Indonesia, aku secara khusus mendoakan mereka semua yang mempunyai hajat (naik haji/umrah; dapat jodoh; dianugerahi anak; lulus ujian; dll), dikabulkan hajatnya oleh Allah.

"Semoga mereka yang dicoba kesusahan, segera dihilangkan kesusahan mereka; mereka yang sakit segera disembuhkan penyakit mereka; dan yang meninggal mendapat rahmat Allah. Semoga Allah berkenan mendengarkan dan mengabulkan," tutur Gus Mus.

Kecintaan Gus Mus pada tanah airnya tak terlupakan meskipun kini ia tengah berada di negeri orang. Ia pun melayani permintaan doa dari kerabat, kenalan dan umat Islam yang secara umum menitipkan harapan untuk didoakan GUs Mus di Makkah itu.

"Waba'du; apakah ada rincian doa yang terlewatkan? Mumpung kami masih di Tanah Suci, silakan mengingatkan," pesan Gus Mus lagi.

Seperti biasa, selesai melaksankan umrah para jamaah pun melanjutkan untuk berziarah. Gus Mus bersama rombongannya tak menyia-nyiakan waktu untuk berziarah ke makam KH Maimoen Zubair di Makam Baqi di Makkah.

Ziarah yang teristimewa adalah ke Makam Rasulullah Muhammad SAW di Raudlah, Madinatul Munawarah.

"Semoga Rasululullãh --shallaLlãhu 'alaihi wa ãlihi wasallam-- berkenan menerima sowan kami yang seadanya...," kata Gus Mus.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 23:45 WIB

Ikut Jejak Irfan Jaya, Muhammad Hidayat Tinggalkan Persebaya

Liga Indonesia

Kini Persebaya hanya sisakan satu gelandang bertahan.

28 Feb 2021 23:32 WIB

Longsor di Lumajang Timbun 13 Rumah, Puluhan Hewan Ternak Hilang

Jawa Timur

Tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut.

28 Feb 2021 23:16 WIB

Khofifah akan Hadiri Sertijab 14 Bupati/Walikota di Jatim

Jawa Timur

Mulai besok, Khofifah secara marathon akan hadiri sertijab 14 kepala daerah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...