Tuna Indonesia Mendunia, Langganan Jepang dan Amerika Serikat

28 Mar 2019 08:00 Ekonomi dan Bisnis

Sebuah fakta menarik baru saja dibagikan oleh Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti. Ia membagikan sebuah tautan ke dalam akun Twitter pribadinya yang diambil dari salah satu artikel milik South China Morning Post.

Artikel yang ditulis oleh seorang jurnalis wanita bernama Meaghan Tobin itu menjabarkan sejumlah fakta menarik terkait kondisi keamanan dah kekayaan maritim Indonesia.
Salah satunya adalah fakta yang menyebutkan bahwa sebagian besar ikan tuna yang dikonsumsi oleh sejumlah negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat, ternyata berasal dari perairan Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia memang digadang-gadang sebagai negara dengan jumlah hasil tangkapan tuna terbesar di dunia. Bahkan, 16% konsumsi Tuna dunia berasal dari negara kita.

Pertumbuhan jumlah eskpor tuna Indonesia juga dilaporkan terus meningkat. Sejak 2014 lalu, jumlah eskpor tuna Indonesia ke Amerika Serikat meningkat secara signifikan hingga 130% dari tahun sebelumnya.

Data yang dilampirkan Meghan menyebutkan, setengah dari hasil tangkapan tuna Indonesia dikirim langsung ke Amerika Serikat dalam bentuk ikan beku utuh atau fillet.

Selain Amerika, negara yang menjadi langganan tetap produk tuna Nusantara adalah Negeri Sakura, Jepang. Tahun lalu, negara yang populer berkat olahan sushinya yang lezat itu dilaporkan mengimpor lebih dari seperempat ikan tuna dari Indonesia.

Sebagai negara penghasil tuna terbesar dunia, Indonesia juga tidak main-main dalam mempromosikan dan mengembangkan produk unggulannya tersebut.

Rencananya, pada gelaran Seafood Expo North America 2019 mendatang, pemerintah akan mengirim beberapa perusahaan penghasil tuna lokal untuk meningkatkan visibilitas Indonesia sebagai produsen tuna berkualitas tinggi terbaik dunia. (yas)