Tumor di Otak, Suami Setia Meski Ria Irawan Sulit Berbicara

14 Sep 2019 19:33 Selebriti

Aktris Ria Irawan telah kembali pulang ke rumah, Sabtu 14 September 2019. Sebelumnya, ia dirawat intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat, sejak 1 September lalu.

Istri Mayky Wongkar ini menjalani perawatan lantaran sel kanker yang sempat muncul kembali. Dalam istilah medis, keadaan kanker yang kambuh ini disebut dengan metastasis atau metastase.

Ria Irwan juga tampak kesulitan berbicara lantaran ada tumor di kepala sehingga saraf bicaranya tertekan.

Dalam unggahan video terbaru Ria Irawan, hasil dokumentasi sang suami, tampak Ria tengah berbaring di kasur.

Selain itu, Mayky Wongkar juga memasakkan sarapan telur rebus dengan campuran olive oil dan himalayan salt untuk sang istri.

"Kalau sudah sampai rumah makannya harus lebih banyak lagi, ya?" kata Mayky.

View this post on Instagram

Sarapan putih telur...

A post shared by Ria Irawan (@riairawan) on

Dari Endometrium Menyebar ke Paru-paru dan Kepala

Dalam unggahan video terbarunya, komunikasi Ria Irawan dengan suami tak berjalan lancar. Ia sepertinya sulit mencerna obrolan dari lawan bicaranya. Menurut penuturan Mayky Wongkar, Ria Irawan saat ini harus menjalankan terapi radiasi untuk memberantas sel kanker endometrium yang menyebar ke bagian kepala dan paru-parunya.

Pada tahapan awal Ria Irawan akan menjalankan sepuluh kali terapi radiasi terlebih dulu untuk bagian kepalanya.

Setelah itu, Ria Irawan akan berjuang kembali dengan terapi kemoterapi lanjutan untuk membersihkan sel kanker di bagian paru-parunya.

"Setelah nanti akan melakukan sinar kepala sebanyak 10 kali akan dilakukan namanya paliative kemo untuk bagian tubuh seperti paru dan sebagainya lah,” kata Mayky Wongkar kepada wartawan di Lobby Gedung A RSCM, Jakarta Pusat, Jumat 13 September 2019.

Seperti saat bertemu dengan media, Ria Irawan baru saja menjalankan terapi radiasi dan tidak bisa bertemu dengan banyak orang lama-lama, karena harus istirahat total.

Pemain film ‘Berbagi Suami’ ini diketahui mengidap kanker pada 2014 silam. Usai melakukan operasi penebalan rahim, ia langsung divonis kanker endometrium stadium 3.

Saat itu Ria juga menjalankan terapi sinar radiasi dan kemoterapi, dan dinyatakan bersih dari kanker satu setengah tahun setelahnya.

"Setelah menjalankan kemoterapi dan radiasi sesuai anjuran dokter, selama 1,5 tahun istri saya bersih dari kanker," kata Mayky Wongkar, menceritakan pengalaman istrinya.

Kemudian saat 2017 lalu, dokter kembali menemukan adanya sel kanker endometrium di bagian diafragma Ria Irawan.

Putri artis senior Ade Irawan itu pun kembali menjalankan treatment penyembuhan.

“Istri saya kembali menjalankan kemotrapi tetapi kali itu tidak disertakan radiasi. Tidak seperti yang awal yang kemo dan radiasi,” papar Mayky Wongkar.

Kemudian di pertengahan tahun 2019 ini, berdasarkan hasil tes MRI dokter kembali menemukan penyebaran sel kanker di bagian kepala dan paru-paru Ria Irawan.

Di tengah suami menjelaskan penyakitnya, Ria Irawan tak kuasa menahan kesedihan. Ia menangis sembari memegangi tangan dan mengelus-elus kepala Mayky Wongkar yang setia mendampinginya.

"Masa tumor di bagian kepala itu menekan saraf otak istri saya yang mengakibatkan agak sedikit sulit berbicara dan kehilangan keseimbangan," terang Mayky.

"Mbak Ria juga baru selesai radiasi, butuh waktu istirahat dan terimakasih sudah mau nunggu. Maaf banget," pungkas Mayky Wongkar.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini