SD Muhammadiyah Ajarkan Enterpreneursip Lewat Tanam Hidroponik

25 Sep 2018 23:03 Pendidikan

Dalam rangka menumbuhkan jiwa enterpreneur pada tanaman hidroponik SD Muhammadiyah 18 Surabaya memberikan pembelajaran tanam sayur hidroponik pada siswanya.

Kepala SD Muhammadiyah 18 Surabaya, Cahyo Iswahyudi kepada wartawan mengatakan kegiatan pembelajaran tanam hidroponik ini untuk mengenalkan kepada anak sejak dini soal tanaman hidroponik. Selain itu, kegiatan ini untuk menggalakkan anak dalam mencintai dan mengkonsumsi sayur.

"Karena sayuran sangat penting pada asupan nutrisi bagi anak. Selain itu juga mengajarkan anak mengenai entrepeneurship," kata Cahyo.

Di samping itu, lanjut Cahyo, kegiatan ini untuk mengajarkan anak untuk menyukai sayuran. "Penting bagi anak bagaimana menyukai sayuran. Karena sayuran sangat penting bagi pertumbuhan anak," ujar Cahyo Iswahyudi, Selasa, 25 September 2018.

Dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk memanen serta mengolah sayuran hasil panen menjadi aneka makanan dan minuman. "Untuk entrepeneurship kita mengolah sayuran menjadi jus dan puding," kata Cahyo.

Cahyo juga menjelaskan, selain hidroponik ini digunakan sebagai pembelajaran sekolah, siswa juga diajak ke laboratorium untuk mengetahui cara menanam, cara membuat pestisida dari bahan alami.

"Tidak hanya pelajaran umum saja. Tapi juga jiwa entrepeneurship yang bisa dilanjutkan hingga dewasa. Agar nantinya daya saing bisa mumpumi di era selanjutnya. Jadi kita kenalkan sejak dini," katanya.

Cahyo berharap adanya kegiatan ini dapat membantu petani sayur untuk memodifikasi produk turunan guna mendongkrak nilai jual. (amm/wit)

Penulis : Amanah Nur Asiah
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini