M. Hasan Chabibie, pakar pendidikan digital. (Foto:Istimewa)
M. Hasan Chabibie, pakar pendidikan digital. (Foto:Istimewa)

Tumbuhkan Inovator, Semangat Kepahlawanan Era Digital

Ngopibareng.id Pendidikan 11 November 2020 08:03 WIB

Penulis buku "Literasi Digital" M. Hasan Chabibie, mengatakan, semangat kepahlawanan haruslah terus dimunculkan dalam gerak hidup warga Indonesia, terlebih generasi muda kita. Di antara semangat kepahlawanan yang perlu dikobarkan, yakni kepahlawanan di dunia digital. \

Hasan Chabibie, menyampaikan bahwa semangat kepahlawanan penting untuk terus menerus diaktualkan.

"Pahlawan pada masa lampau itu mereka yang berjuang di pertempuran, di pelbagai medan laga. Nah, pahlawan pada masa kini, ya mereka yang bergerak untuk membantu orang lain, mencipta inovasi yang berdampak pada publik. Khususnya, di dunia digital saat ini," ungkap Hasan Chabibie, yang mendapat amanah sebagai Plt. Ketua Umum Mahasiswa Ahlut Thariqah an-Nahdliyyah (MATAN).

Menurut praktisi teknologi pendidikan, literasi digital menjadi sangat penting, menjadi gerakan yang harus massif dari pelbagai pihak. Namun, lebih dari itu, perlu mendorong untuk perbaikan ekosistem digital di negeri ini.

"Kalau kita sadar betapa dunia digital sangat strategis, serta harus kita tumbuhkan bersama, maka penting agar kita terus melangkah untuk mencipta kebaikan, dengan menumbuhkan inovasi digital. Saat ini, jumlah pengguna internet Indonesia pada kwartal II tahun 2020, lebih dari 196 juta pengguna.

"Sedangkan, konsumen digital mencapai 137 juta. Kita perlu mendorong terciptanya inovator dan kreator digital, yang menguatkan tumbuhnya ekonomi digital serta berdampak penting bagi sektor pendidikan," dalam keterangan Rabu, 11 November 2020.

Dalam konteks kepahlawanan, Hasan mengajak agar semangat kepahlawanan juga muncul. Kepahlawanan di dunia digital saat ini penting. Bukan menjadi pahlawan semata, tapi juga mendorong agar inovasi digital ini memerdekakan kita semua, merdeka dari penjajahan digital.
"Caranya bagaimana? Dukung pendidikan agar menumbuhkan ekosistem digital, dan selanjutnya kita dukung inovasi-inovasi dari generasi muda kita," terang Hasan.

Menurut Hasan, yang juga menggeluti bidang data dan inovasi digital ini, saat ini sangat penting bersama-sama menumbuhkan dunia digital di Indonesia, dari hanya sebagai market, menjadi player dan inovator.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2021 03:39 WIB

Haedar Nashir: Pancasila Tak Sekadar Fundamen Politik

Khazanah

Renungan tentang gagasan Founding Fathers RI

04 Mar 2021 02:54 WIB

Setiap Zaman Ada Orangnya, Setiap Orang Ada Zamannya

Islam Sehari-hari

Ulasan KH Sujadi atas Tafsir Al-Quran Surat Al-Ashr

04 Mar 2021 02:11 WIB

Bersatu dalam Pembantaian Rohingya, Mengkudeta Suu Kyi

Tokoh

Jenderal Min Aung Hlaing, Sosok di Balik Kudeta Militer Myanmar

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...