Tumben! Bonus Atlet Cepat Cair, Ternyata Ini Rahasianya

04 Sep 2018 10:48 Asian Games

Pemerintah dinilai tak hanya sukses menyelenggarakan Asian Games 2019, namun juga sukses memberikan penghargaan kepada para atlet.  Parameternya sederhana, pemerintah cepat memberikan bonus  uang kepada atlet peraih medali. 

Tumben kok bisa? Padahal biasanya jika berurusan dengan birokrasi urusannya pasti jadi panjang dan rumit. Apalagi jika berhubungan dengan uang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi membocorkan rahasianya mengapa bonus kepada atlet bisa sedemikian cepat cair. "Kenapa cepat? Karena kita kerja sama, Menteri Keuangan, pihak-pihak perbankan, dan tentu tim Kemenpora," kata Imam, di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Selain koordinasi antarinstansi, bonus cepat cair kepada atlet ini juga karena perintah dari Presiden Joko Widodo. Presiden Joko Widodo menginstruksikan untuk mempercepat pencairan bonus, bahkan sebelum keringat para atlet mengering.

Imam mengatakan, ia juga mengecek satu per satu buku rekening yang diberikan kepada para atlet untuk memastikan bahwa jumlah yang ditransfer memang sesuai nominal yang dijanjikan, tanpa potongan apapun.

Bonus tersebut ditransfer langsung ke rekening masing-masing atlet. "Saya pastikan, kayak Aries (Susanti Rahayu, atlet putri panjat diding), mana buku tabunganmu, dengan malu-malu Aries mengeluarkan. Kita cocokkan benar enggak angka yang diberikan Presiden dengan yang tercantum di buku tabungan," terangnya.

"Alhamdullilah benar, tidak ada potongan serupiah pun," ujar Imam. (amr)

Penulis : Moch. Amir


Bagikan artikel ini