Tujuh Pesan Kiai Mahrus Ali Lirboyo, Soal Uang dan Perempuan

17 Jul 2019 03:55 Islam Sehari-hari

KH Mahrus Ali Lirboyo, almaghfurlah, dikenal sebagai pejuang Islam di Jawa Timur. Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri, dikenal sebagai pejuang kemerdekaan di masa Revolusi Indonesia (1945-1949).

Kepada umat Islam, Kiai Mahrus Ali berwasiat penting sebagai berikut:

1. Orang berumah tangga kalau ingin sukses itu kuncinya menghormati istri.

2. Orang kalau Ingin hidup mulia hormati orang tua, khususnya ibu.

3. Ingat kalau kamu jadi pemimpin, tolong hindari 2 masalah yaitu :

- Pertama, jangan sampai kamu mata duitan.

- Kedua, jangan sampai kamu tergoda perempuan.

Kalau bisa bertahan dari dua hal ini Insyaa-Allah kamu bakal selamat.

4. Nabi Sulaiman itu sukses dalam 90 tahun dan Nabi Nuh sukses dalam waktu 900 tahun. Tetapi di dalam Al-Qur'an yang disebut ulul 'azmi adalah Nabi Nuh. Ini menunjukan perjuangan dilihat dari kesulitan, bukan dari jumlah murid.

5. Orang yang mempunyai ilmu sambil di riyadlohi dengan yang tidak di riyadlohi itu hasilnya beda. Riyadlohi yang paling utama adalah istiqomah.

6. Saya dulu waktu di pondok tidak pernah membayangkan akan jadi kyai, tidak pernah membayangkan akan menjadi orang kaya. Akhirnya menjadi orang mulia seperti ini saya takut. Jangan-jangan bagian saya ini saja, Di akhirat nanti tidak dapat bagian apa-apa....!!!

7. Ngajarlah Ngaji....!!! Kalau nanti kamu tidak bisa makan, ketho'en kupingku.

Wallahu a'lam.

"Nabi Sulaiman itu sukses dalam 90 tahun dan Nabi Nuh sukses dalam waktu 900 tahun. Tetapi di dalam Al-Qur'an yang disebut ulul 'azmi adalah Nabi Nuh. Ini menunjukan perjuangan dilihat dari kesulitan, bukan dari jumlah murid."
Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini