Petugas Pelabuhan Mengantisipasi Virus Corona di Singapura (Foto: batam.tribunnews.com)

Ini Tujuh Fakta Virus Corona di Singapura

Internasional 10 February 2020 07:51 WIB

Singapura sedang berjibaku melawan penyebaran wabah virus corona. Terdapat sedikitnya 40 orang yang terinfeksi virus corona di negeri jiran itu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh fakta kasus virus corona di Singapura

Jumlah Kasus Bertambah

Awal mula kasus terendus hanya tiga kasus saja. Jumlahnya terus meningkat hingga terakhir terdapat 40 kasus positif virus corona. Terdapat 758 orang yang berkontak langsung dengan 40 pasien virus corona. Sebanyak 663 orang di antaranya berada di dalam karantina selama 14 hari. Bertambahnya kasus sejalan dengan korban yang terinfeksi. Meski, korban tidak memiliki riwayat perjalanan dari China

KBRI Singapura Keluarkan Imbauan untuk WNI

KBRI di Indonesia di Singapura sudah mengimbau warganya untuk tetap tenang dan waspada. Mereka diimbau memantau perkembangan corona melalui kementerian kesehatan.

Selain itu, WNI dilarang berada pada keramaian. Jika perlu bantuan, warga diminta melakukan panggilan pada nomor darurat hotline KBRI Singapura (+6567377422), Kementerian Kesehatan Singapura (+6263259220), dan Civil Defence Force Emergency Ambulance.

Status DORSCON Naik Menjadi Oren

Dalam Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON), statusnya yang sebelumnya kuning, naik satu level menjadi oren.

Kuning berarti wabah ringan, sedangkan oren artinya status penyebaran virus dianggap parah dan bisa tertular secara secara mudah dan luas.

Meskipun demikian, pemerintah Singapura sudah siap dan siaga. Mulai dari evakuasi warga hingga persediaan makanan.

Ada Indikasi Rush Money

Melalui kasus virus corona, warga diimbau oleh lembaga keuangan di Singapura untuk waspada. Kemungkinan pihak yang tidak bertanggungjawab akan memanfaatkan situasi ini untuk melakukan penipuan melalui email, pishing, dan ransomware

Langkah Pencegahannya

Di antaranya menjaga stamina fisik dan psikis, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rutin mencuci tangan, menggunakan masker, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menghindari interaksi dengan keramaian publik.

Bagikan Masker Gratis

Singapura membagikan masker gratis, dengan kuota empat masker untuk tiap individu. Agar tepat sasaran dan merata, sistem pembagian nmasker dilakukan secara daring dan menggunakan nomor tanda penduduk masing-masing.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 16:05 WIB

Lirik Chord Terjemah dan 4 Fakta Lagu Proliman Joyo Denny Caknan

Musik

Denny Cak Nan kembali merilis lagu baru berjudul Proliman Joyo (Madiun).

03 Jun 2020 15:40 WIB

Viral Ajakan Tolak Rapid Test Massal, Ini Jawaban Dokter

Kesehatan

Idealnya satu pasien memang pakai satu APD.

03 Jun 2020 15:13 WIB

Inilah 12 BUMN yang Digerojok Dana Rp 52,57 Triliun

Ekonomi dan Bisnis

Pemerintah gerojok dana Rp 52,57 triliun kepada 12 BUMN.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...