Tujuh Fakta Anjing Malinois, si Pembunuh Pembantu Rumah Majikan

03 Sep 2019 13:52 Nasional

Seekor anjing jenis Belgian Malinois menyerang dan membunuh seorang pembantu rumah tangga di Cilangkap, Jakarta Timur. Tak hanya membunuh, sang anjing juga sempat melukai anak majikan.

Anjing Malinois ini menyerang pembantu rumah tangga saat kandangnya dibersihkan. Saat itu, anjing ini menyerang dan menggigit leher, serta sejumlah gigitan lainnya di badan.

Peristiwa penyerangan anjing terjadi pada Jumat 30 Agustus 2019 pukul 19.00 WIB. Sayangnya sang pembantu nyawanya tidak bisa tertolong saat dibawa ke rumah sakit.

Lantas seperti apa penampakan Belgian Malinois? Berikut beberapa fakta yang dirangkum ngopibareng.id:

1. Anjing Gembala Belgia (Malinois)
Malinois atau Maelinwa berasal dari kata Malines. Untuk anjing yang asli dari Kota Flemish, Prancis, anjing jenis ini dinamai Mechelen.
Malinois memiliki ukuran sedang hingga besar. Anjing ini masuk dalam varietas anjing gembala Belgia.

2. Ciri Khusus Malinois
Anjing Malinois memiliki ciri-ciri berukuran sedang hingga besar dengan bentuk proporsional dalam keluarga anjing gembala. Anjing jenis ini memiliki mantel atau bulu coklat kemerahan pendek dengan tanda hitam.
Anjing ini memiliki telinga tegak hitam dengan moncong hitam. Malinois biasanya memiliki bentuk lebih kotak dibandingkan anjing gembala lainnya.

3. Memiliki Ukuran Bervariasi
Malinois jantan biasanya memiliki ukuran 61-66 cm dengan bobot 25-30 kg; sedangkan betina 56-61 cm dengan bobot 20-25 kg. Anjing jenis ini memiliki umur sekitar 10-12 tahun.

4. Trah Pendeteksi Bau
Malinois sering digunakan sebagai anjing pendeteksi bau, karena kemampuannya yang di atas rata-rata anjing kebanyakan. Anjing jenis ini biasa digunakan di kepolisian dan militer untuk mendeteksi bahan peledak, pemicu api dan narkotiba. Malinois yang terlatih juga bisa mendeteksi jejak penjahat. Dalam misi tertentu, anjing ini juga bisa menjadi penyelamat dan pencari korban.

5. Penjaga Gedung Putih
Kecerdikan Malinois bahkan dipercaya oleh US Secret Service untuk menjaga gedung putih, kediaman presiden Amerika.

6. Bagian dari Anjing Pelacak K-9
Di Indonesia, anjing Malinois sering dipilih sebagai bagian dari anjing pelacak K-9 Polri.

7. Memiliki Sifat Temperamen
Anjing jenis ini biasanya sangat aktif, cerdas, protektif, pekerja keras namun temperamen. Malinois biasanya memiliki energi yang cukup lincah dibandingkan jenis anjing lainnya.

Grafis VidhiNgopibarengid
(Grafis: Vidhi/Ngopibareng.id)
Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini