Trump sebut dirinya akan dapat memenangkan perang dagang. (foto: dokumentasi)

Trump Sebut Perang Dagang Mudah Dimenangkan

03 Mar 2018 12:29

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Presiden Donald Trump, menantang kritik global terhadap rencananya mengenakan tarif untuk impor baja dan aluminium. Hal itu tampaknya menyambut baik gagasan mengenai perang dagang.

"Ketika sebuah negara (AS) mengalami kerugian miliaran dolar dalam perdagangan dengan hampir setiap negara yang berbisnis dengannya, perang dagang bagus, dan mudah dimenangkan," tulis Trump di twitternya.

Trump mencontohkan, saat negaranya mengalami kerugian 100 miliar dolar AS (sekitar Rp1,37 kuadriliun) dengan negara tertentu dan mereka semena-mena. "Jangan berdagang lagi kita akan menang telak. Itu mudah!" tulis presiden AS itu.

Setelah beredar rumor dan kontra rumor mengenai niat pemerintahnya, Trump pada Kamis mengumumkan dia akan menandatangani sejumlah langkah yang dirancang untuk melindungi produsen AS pekan depan.

Tarif itu 25 persen untuk baja dan 10 persen untuk aluminium mencakup dua bahan yang sangat penting bagi sektor konstruksi dan manufaktur.

Rencana Trump memicu keberangan sekutu perdagangan utama AS seperti Kanada, Uni Eropa, Australia dan Meksiko, serta saingannya Tiongkok. Tarif tersebut juga menyebabkan kerisauan di pasar saham global.