Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana ketika bertemu dengan Roesmini. (Foto: Alief/ngopibareng.id)
Wakil Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana ketika bertemu dengan Roesmini. (Foto: Alief/ngopibareng.id)

Taman Remaja Direvitalisasi, Pegiat Seni Ingatkan Ini

Ngopibareng.id Seni dan Budaya 27 August 2020 20:08 WIB

Gagasan Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana terhadap revitalisasi Taman Remaja Surabaya (TRS) menjadi pusat budaya, aspirasi dan teknologi dalam Festival Aspirasi Tri Sakti direspons Seniman Ludruk Kawakan Surabaya, Meimura.

Meimura memberikan masukan terhadap Whisnu dalam hal perhatian terhadap Seni dan Budaya.

"Sekarang tempat pentas ludruk, ketoprak, dan seni lainnya sudah tidak ada. Iki sing tak ilingno nang Wawali Whisnu (Ini yang saya ingatkan ke Wawali Whisnu)," katanya, Kamis 27 Agustus 2020. 

Kedatangan seniman 58 tahun yang akrab disapa Cak Mei ini di Kediaman Dinas Wakil Walikota Surabaya, kawasan Walikota Mustajab, Kecamatan Genteng, Surabaya, untuk menyampaikan aspirasi pegiat seni di Surabaya kepada Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana.

Ia berdandan Besut Roesmini, kostum ludruk untuk wanita. Sekaligus memakai masker dan APD. Tak lupa karakter Roesmini mengampanyekan untuk taat memakai masker dan pelindung diri.

Pentolan Teater Ragil Surabaya ini juga menyambut positif adanya Festival Aspirasi Tri Sakti yang tengah direncanakan oleh Pemkot Surabaya ke depan.

"Aku wis eruh nek apik programme (saya sudah tahu kalau bagus programnya). Cuma untuk lebih kongkretnya, Pak Whisnu perlu rembug dengan seniman dan budayawan Surabaya," terangnya.

Apalagi, Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa WS ini pernah berjanji untuk menghidupkan kembali seni asli Surabaya.

Namun, ke depannya yang perlu diperhatikan adalah Whisnu harus menjadi Walikota Surabaya periode berikutnya. Sehingga bisa melaksanakan janji untuk para seniman.

"Iku sing paling penting. Penting maneh entuk rekom tekan partaine. Nek perlu aku sing ngomong dewe nang Bu Mega (Megawati Soekarnoputri)," tegas Cak Mei.

Hal tersebut nantinya diharapkan pelakon teater yang setengah abad lebih berkarya ini, Whisnu dapat merealisasikan janjinya dalam mewujudkan pusat seni, budaya, aspirasi, dan teknologi.

Diketahui, Pemkot berencana merevitalisasi TRS dan Hi-Tech Mall tahun depan. Program tersebut nantinya akan menjadikan seluruh pusat kesenian, budaya, aspirasi masyarakat dan teknologi yang diklaim terbesar di Indonesia bagian Timur ini.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 23:45 WIB

Khofifah Minta Kepala Daerah Percepat Realisasi Anggaran

Pemerintahan

Harap percepatan anggaran untuk tangani dampak Covid-19

30 Nov 2020 23:30 WIB

Pukuli Warga, 4 Polisi Prancis Diseret ke Pengadilan

Internasional

Mereka memukul warga kulit hitam pada 21 November lalu.

30 Nov 2020 23:10 WIB

Bagikan Beras saat Pilkada, Warga Jabar Dipenjara Tiga Tahun

Pilkada

Pelanggaran pilkada di Ciganjur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...