Blueprint pembangunan kawasan THR dan TRS Surabaya. (Foto: Istimewa)
Blueprint pembangunan kawasan THR dan TRS Surabaya. (Foto: Istimewa)

Taman Remaja Surabaya akan Dibangun Gedung Tinggi

Ngopibareng.id Surabaya 23 August 2020 19:32 WIB

Taman Remaja Surabaya secara resmi sudah dibongkar sejak beberapa hari lalu. Tempat rekreasi keluarga itu, rencananya akan dibangun gedung baru oleh Pemerintah Kota Surabaya. Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya pun sudah punya rencana.

Bappeko akan merevitalisasi Taman Remaja Surabaya (TRS) menjadi Gedung Kesenian. Rencananya jika mulus akan dimulai tahun depan. Bekas Taman Remaja Surabaya akan dijadikan pusat seni dan lokasi Festival Aspirasi ‘TriSakti’.

Gedung dan area ini diklaim bisa menampung seluruh kreativitas seni, aspirasi sekaligus teknologi yang sudah lama dikenal sebagai Hi-Tech Mall.

Rencana desain gedung baru yang akan menggantikan Taman Remaja Surabaya Foto IstimewaRencana desain gedung baru yang akan menggantikan Taman Remaja Surabaya. (Foto: Istimewa)

Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana mengatakan warga Surabaya tak perlu sedih dengan dibongkarnya TRS. Ia mengatakan, TRS yang baru nanti akan menjadi identitas baru bagi Kota Pahlawan.

"Tak usah sedih dan khawatir. Insyaallah akan tetap masih menjadi kenangan warga Surabaya. Hanya identitas yang lebih kuat kuat," kata Whisnu, Minggu 23 Agustus 2020

Gedung yang bakal dibangun ini menggabungkan antara unsur dari revitalisasi sesuai dengan ajaran Tri Sakti Bung Karno. Yakni, Berdaulat dalam bidang politik, Berdikari dalam bidang ekonomi, dan Berkepribadian dalam budaya.

Secara estetika jika dilihat dari atas akan berbentuk lambang Tri Sakti Foto IstimewaSecara estetika jika dilihat dari atas akan berbentuk lambang Tri Sakti. (Foto: Istimewa)

"Nanti akan dibangun gedung baru, secara estetika jika dilihat dari atas akan berbentuk lambang Tri Sakti. Ini sesuai dengan ajaran Bung Karno, sebagai simbol Surabaya Kota Bung Karno," katanya.

Nantinya setelah jadi, kawasan TRS dan THR yang baru akan menjadi wadah seluruh kreativitas seni, hiburan rakyat, sekaligus pusat perbelanjaan IT yang diklaim Pemkot Surabaya menjadi yang terbesar se-Indonesia Timur.

Seluruh penggabungan unsur seni, aspirasi masyarakat, dan niaga elektronik menjadi satu area. Bangunan bertingkat terdiri beberapa lantai diperuntukkan sebagai lokasi seni, tempat pertunjukan dan perbelanjaan elektronik.

Sedangkan, untuk akses kawasan bawah akan dipercantik dengan taman, dan aula outdoor sebagai lokasi penyampaian aspirasi.

"Jadi karena banyak ya organisasi di Surabaya, nantinya juga disediakan ruangan-ruangan yang mungkin bisa dijadikan Sekretariat Bersama seluruh organisasi dan komunitas," katanya.

Alumnus ITS Surabaya ini menerangkan, Hi-Tech Mall sudah menjadi ikon perbelanjaan tentang piranti elektronik yang terkenal sejak lama. "Orang luar Surabaya kalau kulak tentang piranti IT sudah dari dulu selalu ke sana. Nah, bagaimana bisa dimodernisasi namun tidak meninggalkan historisnya," pungkasnya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Nov 2020 23:45 WIB

Khofifah Minta Kepala Daerah Percepat Realisasi Anggaran

Pemerintahan

Harap percepatan anggaran untuk tangani dampak Covid-19

30 Nov 2020 23:30 WIB

Pukuli Warga, 4 Polisi Prancis Diseret ke Pengadilan

Internasional

Mereka memukul warga kulit hitam pada 21 November lalu.

30 Nov 2020 23:10 WIB

Bagikan Beras saat Pilkada, Warga Jabar Dipenjara Tiga Tahun

Pilkada

Pelanggaran pilkada di Ciganjur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...