Trending 1 Twitter, Ernest Prakasa Dituding Menyebarkan Hoaks

14 Nov 2019 16:00 Gosip Artis

Nama Ernest Prakasa menjadi trending topik nomo satu di Twitter. Namun, bukan kabar baik yang datang dari sutradara film sekaligus komika ini.

Ernest Prakasa dituding sebagai penyebar berita bohong atau hoaks. Sutradara film Cek Toko Sebelah ini memang sering menggunakan suaranya untuk berbicara masalah politik atau pun hal yang ramai diperbincangkan masyarakat.

Baru-baru ini, pria 37 tahun ini menanggapi masalah tentang rencana anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia pun membuat cuitan mengenai dana rehabilitasi sekolah yang dipangkas demi menggelar mobil balap Formula E.

"Iyalah, rehabilitasi sekolah mana bisa buat pencitraan menuju 2024," kicaunya ditambah emoticon berkacamata hitam.

Ernest Prakasa juga terlihat me-retweet cuitan lain dari salah satu partai. “Mengatakan anggaran rehabilitasi sekolah tak dipangkas sambil memberi data yang menunjukkan anggarannya berkurang. Istilahnya bukan dipangkas, tapi "diteliti, kemudian disesuaikan". Hati-hati kamu dengan istilah, dasar partai nol koma!,” ujar akun dengan nama @uki_dedek.

Namun cuitan tersebut dibantah oleh akun resmi dinas pendidikan provinsi DKI Jakarta.
"Hallo bapak/ibu, selamat sore. Silahkan dilihat berikut ini, siaran pers Pemprov DKI Jakarta terkait penegasan tidak ada pemangkasan anggaran rehabilitasi gedung sekolah," tulisnya.

Ernest Prakasa kemudian menghilang ketika beberapa netizen mulai mengomentari pendapatnya. Pria kelahiran 29 Januari 1982 ini bahkan tidak membicarakan masalah tersebut dan terlihat me-retweet hal-hal mengenai film dan hiburan.

Netizen terbagi dua karena tulisan Ernest Prakasa. Ada yang mengomentari positif cuitan tersebut, tapi ada juga yang menilainya sudah salah kaprah.

"Iya nih Ahok, masa dana rehabilitasi sekolah di stop....RADIKAL NIH GABENER," komen akun @dodd**f.

"Kebencian yang sudah di ubun ubun si @ernestprakasa membuat dia mengunyah apapun ..... Berita hoaks pun dia pakai untuk menyerang pak @aniesbaswedan. Semoga selalu dalam lindungan Allah pak Anies," timpal @abdra**im2 sambil membuktikan berita hoax tersebut.

Ernest Prakasa juga diminta tak sok dalam membahas masalah apa pun. "Tukang stand up comedy @ernestprakasa sok2 an paham masalah anggaran.. tauk2 nya cuma numpang koment biar keliatan sok pintar dan nebar hoax aja.. #ErnestPrakasaNyebarHoax," kata @lanna**be.

Bahkan ada netizen yang mengeluh akunnya di blok setelah mengkritik twitt Ernest Prakasa.

"Pliiiisss translate ke bahasa kaliann pliiisss. "Apa ga sekalian aja akun game ku kamu blokir mas ?" tulis pemilik akun @aks****0s.

"Ternyata @ernestprakasa bukan cuma #ErnestPrakarsaNyebarHoax tp jg pengecut yg hobi blokir," tulis @H3*****goR.

"Woi @ernestprakasa buka block gw! Masih belum kapok aja bikin blunder twit," sambung @ven*****e.