Pemeriksan sebelum melakukan pemasangan lensa IOL untuk kondisi mata katarak. (Foto: Dok RSMU)
Pemeriksan sebelum melakukan pemasangan lensa IOL untuk kondisi mata katarak. (Foto: Dok RSMU)

Trend IOL Premium untuk Operasi Katarak di RS Mata Undaan

Ngopibareng.id RS Mata Undaan 02 December 2020 09:06 WIB
RS Mata Undaan

Katarak merupakan kondisi lensa mata mengalami kekeruhan, kondisi ini harus segera ditangani. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan kebutaan.

Untuk menyembuhkan katarak bisa dengan melakukan ekstraksi katarak disertai penanaman lensa buatan atau Intraocular Lens (IOL) untuk mengganti lensa mata alami yang mengalami kekeruhan.

Penggunaan IOL untuk penderita Katarak dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pasien dan disesuaikan dengan kelainan refraksi yang dimiliki seperti rabun jauh, rabun dekat, dan mata silinder atau astigmatisme.

Pasien Katarak di Rumah Sakit Mata Undaan Surabaya dapat menggunakan IOL standar (monofokal) ataupun IOL premium sebagai pilihan lensa buatan yang akan dipakai.

Dokter Farida Moenir, Sp.M (K) dari RS Mata Undaan menjelaskan, lensa tanam jenis monofokal ini dapat membantu pasien untuk melihat fokus pada jarak jauh saja, sehingga objek dengan jarak menengah dan dekat masih terlihat buram, sehingga masih perlu menggunakan kacamata paska operasi katarak.

"Saat ini minat pasien untuk memilih IOL Premium semakin tinggi. Ini karena pasien menginginkan bebas dari kacamata sehingga nyaman untuk beraktifitas paska operasi katarak,” kata dr Farida saat ditemui di ruang prakteknya.

Farida menambahkan, ada beberapa macam IOL Premium untuk operasi Katarak, antara lain IOL EDOF (Extended Depth of Focus), IOL Trifokal, dan IOL Toric. IOL EDOF memungkinkan untuk bisa mengakomodasi kebutuhan pasien melihat obyek jarak jauh dan menengah paska operasi katarak.

Sedangkan, IOL Trifokal digunakan untuk bisa membantu pasien melihat obyek jarak jauh, menengah, dan dekat paska operasi katarak. Sementara IOL Toric membantu pasien katarak yang juga mengalami kelainan refraksi mata silinder atau astigmatisme.

Sebelum pasien melakukan operasi katarak dengan menggunakan IOL Premium, diperlukan pemeriksaan pra operasi yang lebih detil dan teliti.

Pemeriksaan yang dilakukan mencakup pemeriksaan permukaan mata (ocular surface) dan pengecekan kekuatan lensa (biometri), kedua pemeriksaan ini dapat dilakukan menggunakan IOL Master 700, sebuah Leading Technology dalam hal biometri optik, yang dapat menampilkan total keratometry, yakni pengukuran permukaan kornea anterior & posterior.

Lanjutnya, pemeriksaan dilakukan dengan pengukuran topografi kornea dan pemeriksaan segmen posterior bola mata, dan akan diakhiri sesi konseling dengan dokter spesialis mata.

“Pemeriksaan dan konseling yang dilakukan oleh pasien pra operasi katarak dilakukan untuk mendapatkan hasil operasi dengan tajam penglihatan yang baik dan diharapkan pasien tersebut lebih nyaman dalam beraktivitas sehari-hari setelah penggunaan IOL Premium nantinya.” kata dr. Farida.

Penulis : Pita Sari

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 17:50 WIB

RSUD Layani Donor Plasma Konvalesen Penyintas Covid-19

Jawa Timur

RSUD dr. Moh. Saleh, Kota Probolinggo melayani donor plasma.

25 Jan 2021 17:37 WIB

Jawa Timur Tambah 888 Kasus, Kota Madiun Terbanyak

Reportase

Tujuh zona merah dan satu zona kuning di Jawa Timur.

25 Jan 2021 17:22 WIB

Basarnas Surabaya Terjunkan Tim Selam Cari Korban Tabrakan Kapal

Surabaya

Kejadian tabrakan kapal terjadi pada Sabtu, 23 Januari 2021 dini hari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...