Cannondale telah  menggunakan packaging 100% daur ulang. (Foto: Istimewa)
Cannondale telah menggunakan packaging 100% daur ulang. (Foto: Istimewa)

Trek dan Cannondale Mengubah Packaging Demi Lingkungan

Ngopibareng.id Gowes Bareng 28 November 2020 09:49 WIB

Di tengah isu global warming yang terus mengemuka, sepeda dijadikan solusi terbaik. Alat transportasi yang tidak menghasilkan polusi udara. Tapi kenyataannya, packaging sepeda saat dikirim ke konsumen masih menggunakan bahan yang tidak bisa didaur ulang. Dan ternyata jumlahnya sangat besar untuk skala industri sepeda.

Dua produsen sepeda besar asal Amerika Serikat, Trek dan Cannondale sadar akan hal ini. Mereka berusaha mengurangi sampah non daur ulang itu. Trek contohnya. Pabrikan yang bermarkas di Wisconsin, Amerika Serikat itu mencoba di salah satu produknya, mountain bike Marlin tipe hardtail.

Trek mengurangi penggunaan plastik di packaging Marlin itu. Dan menggantinya dengan currogated cardboard (karton tebal berlapis). Menurut Trek, dengan adanya penggantian ini, bisa mengurangi sampah sekitar 23 ton setahun.

Packaging lama Trek Marlin Foto IstimewaPackaging lama Trek Marlin. (Foto: Istimewa)

Dalam waktu dekat, Trek akan lebih mengurangi penggunaan plastik dalam packaging Marlin. Dan tahun depan, 2021, Trek mengklaim akan menggunakan 100% recycleable packaging. Saat ini dalam tahap pengembangan untuk packaging jajaran road bike.

 “Packaging yang dapat daur ulang ini hanya sebagian kecil dari pengembangan kami. Jangka panjangnya adalah edukasi. Bagian dari edukasi adalah petunjuk untuk reseller dan konsumen kami bagaimana cara membuang yang benar untuk packaging baru ini. Langkah ini termasuk dalam kampanye marketing kami,” bilang Kevin Rogers, Trek packaging development manager.

Mengingat skala perusahaan Trek yang sangat besar, perubahan ini tidak bisa serta merta langsung terjadi dalam waktu cepat. Tetapi usaha yang Trek lakukan ini patut diacungi jempol.

Packaging lama Trek Marlin yang masih banyak menggunakan bahan non daur ulang Foto IstimewaPackaging lama Trek Marlin yang masih banyak menggunakan bahan non daur ulang. (Foto: Istimewa)

Berbeda dengan Cannondale. Mereka telah menggunakan packaging yang 100% bisa didaur ulang dan tanpa plastik. Menurut perhitungan Cannondale, mereka mengirimkan 15 liter sampah non daur ulang di setiap sepeda ke konsumen. Jadi saat ini Cannondale sudah mengurangi sampah non daur ulangnya sebesar 4.500 meter kubik.

Karton berlapis yang digunakan Cannondale sudah disertifikasi oleh lembaga FSC di Amerika Serikat. Tinta menggunakan plant based ink. Isolasi kertaspun menggunakan yang biodegradable. Jadi total packagingnya adalah 100% bisa didaur ulang.

Cannondale sudah menggunakan packaging baru ini untuk pasar Eropa yang basis perakitannya ada di Netherland, Belanda. Dan pasar Amerika Utara serta Asia akan mulai di tahun 2021.

Packaging baru Trek Marlin yang sudah mengurangi penggunaan bahan non daur ulang Foto IstimewaPackaging baru Trek Marlin yang sudah mengurangi penggunaan bahan non daur ulang. (Foto: Istimewa)

Yang unik, packaging Cannondale yang baru ini tetap aman meskipun tanpa foam dan plastik-plastik pelindung. Desainnya dibuat sepeda berada di tengah-tengah dos tanpa kontak dengan boks bagian luar.

Dos Cannondale ini sudah lulus standart lembaga ISTA Transit untuk vibrasi dan saat terjatuh. Kabar baik juga untuk mekanik toko sepeda penjual Cannondale. Dengan packaging baru ini, meminimalkan kerja mereka. Karena sepeda sudah 95% terakit di dalam dos.

Dimensi dan biaya dalam pembuatan packaging baru ini tidak banyak berbeda dengan packaging lama. Tapi lebih ramah lingkungan dan ramah pengguna.

Packaging Cannondale sudah lulus sertifikasi lembaga Amerika Serikat Foto IstimewaPackaging Cannondale sudah lulus sertifikasi lembaga Amerika Serikat. (Foto: Istimewa)

Penulis : Yudy Hananta

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 Jan 2021 23:45 WIB

Datangi Asrama Isolasi, Emil Apresiasi Pemkab Trenggalek

Jawa Timur

Menurut Emil, hal tersebut sangat berdampak positif.

23 Jan 2021 23:30 WIB

Akui Positif Covid, Warganet Puji Doni Monardo

Nasional

Tetap bobol meski sudah ketat protokol kesehatan

23 Jan 2021 23:05 WIB

Tiba di Sulbar, Bantuan Polda Jatim Segera Segera Didistribusikan

Jawa Timur

Bantuan itu berupa APD Covid-19, makanan, hingga keperluan bayi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...