Ratusan perahu saat ikut tradisi melantuntan sholawat Burdah di atas Selat Madura. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)

Tradisi Melantunkan Sholawat Burdah di Atas Selat Madura

Ngopi Foto 21 April 2020 05:00 WIB

Warga kampung nelayan Nambangan, Bulak Cumpat dan Kenjeran Surabaya, menggelar tradisi membaca sholawat Burdah di sekitar Pantai Kenjeran, tepatnya di atas Selat Madura, pada Jumat 17 April 2020.

Di tengah pandemi Covid-19, warga tampak menggunakan perahu untuk melakukan tradisi sholawat Burdah, yakni ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, warga juga memohon keselamatan, keberkahan rezeki menyambut bulan suci Ramadhan, serta berharap agar wabah covid-19 segera reda sehingga para nelayan dapat melaut dengan tenang.

Para ibu bersiap naik perahu untuk menggelar tradisi sholawat Burdah Foto Erfan HaransyahNgopibarengidPara ibu bersiap naik perahu untuk menggelar tradisi sholawat Burdah. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)
Perahu yang sudah terisi penumpang siap untuk menyusul perahuperahu yang sudah terlebih dahulu berangkat Foto Erfan HaransyahNgopibarengidPerahu yang sudah terisi penumpang siap untuk menyusul perahu-perahu yang sudah terlebih dahulu berangkat. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)
Kesadaran warga yang ikut tradisi sholawat Burdah untuk memakai masker masih rendah Foto Erfan HaransyahNgopibarengidKesadaran warga yang ikut tradisi sholawat Burdah untuk memakai masker masih rendah. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)
Kesadaran untuk menjaga jarak atau Physical distancing masih belum sepenuhnya dijalankan oleh warga kampung nelayan Foto Erfan HaransyahNgopibarengidKesadaran untuk menjaga jarak atau Physical distancing masih belum sepenuhnya dijalankan oleh warga kampung nelayan. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)
Warga mengikuti tradisi melantunkan sholawat Burdah di atas Selat Madura Foto Erfan HaransyahNgopibarengidWarga mengikuti tradisi melantunkan sholawat Burdah di atas Selat Madura. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)
Aksi warga saat mengikuti tradisi melantunkan sholawat Burdah di atas selat Madura Foto Erfan HaransyahNgopibarengidAksi warga saat mengikuti tradisi melantunkan sholawat Burdah di atas selat Madura. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)
Aksi warga saat mengikuti tradisi melantunkan sholawat Burdah di atas Selat Madura Foto Erfan HaransyahNgopibarengidAksi warga saat mengikuti tradisi melantunkan sholawat Burdah di atas Selat Madura. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)
Banyak pengendara yang sengaja berhenti untuk mengabadikan momen warga nelayan yang melakukan sholawat Burdah dengan kamera handphone Foto Erfan HaransyahNgopibarengidBanyak pengendara yang sengaja berhenti untuk mengabadikan momen warga nelayan yang melakukan sholawat Burdah dengan kamera handphone. (Foto: Erfan Haransyah/Ngopibareng.id)

Penulis : Erfan Hazransyah

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

05 Jun 2020 01:00 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI, Persiapan UTBK SMA

Pendidikan

Siswa SMA diberi materi persiapan UTBK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...