TP PKK Kabupaten Pasuruan Bagi Mukena Gratis di Musala Desa

10 May 2019 13:52 Ngopibareng Pasuruan

Minimnya peralatan salat di musala desa, menarik perhatian Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan. Sebagai bentuk kepedulian, ratusan mukena dibagikan kepada TP PKK kecamatan se-Kabupaten Pasuruan.

Mukena tersebut diserahkan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf di acara Kajian Islam dan Tadarus di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Pemkab Pasuruan, Jumat 10 Mei 2019 pagi.

Menurut Lulis, mukena tersebut merupakan sumbangan dari seluruh Organisasi Perangkat Desa (OPD) se-Kabupaten Pasuruan. Tujuannya, membantu muslim perempuan yang kesulitan mencari mukena untuk salat.

“Saya yakin masih banyak musala-musala di desa yang tidak memiliki peralatan salat, seperti sarung untuk laki-laki atau mukena untuk perempuan. Dan inilah yang membuat krentek hati saya untuk sedikit bisa membantu,” ujarnya.

Menurut Lulis, ratusan mukena tersebut masih belum bisa memenuhi semua kebutuhan musala yang jumlahnya sangat banyak. Hal itu lantaran tidak ada paksaan dari OPD untuk memberikan mukena dengan jumlah tertentu.

“Kita menerima seikhlasnya. Karena ini adalah bagian dari amalan sunnah yang Insya Allah pahalanya juga akan kembali kepada kita,” tuturnya.

Dengan dibagikannya mukena tersebut, istri Bupati Irsyad Yusuf itu berharap agar takmir masjid dapat merawat dan menjaganya. "Itung-itung cari pahala. Apalagi satu mukena atau dua mukena saja, saya yakin pasti banyak yang mau untuk mencuci atau membersihkan hingga wangi. Karena sunnah juga, ketika sholat, mukena kita bersih dan wangi,” ujar Lulis.

Sementara itu, selain pembagian mukena, acara khusus ibu-ibu itu dimulai dengan tadarus Alquran yang dibagi secara berkelompok. Pada akhir acara, Nyai Hj Imamah menyampaikan tausiah soal pentingnya tata cara berwudhu yang baik dan benar sebagai syarat sah salat. (emil)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini