Tottenham vs Dortmund: Peluang Spurs Segel Tiket Perempat Final

05 Mar 2019 12:56 Liga Champions

Setengah kaki Tottenham Hotspur sudah melangkah ke perempat final berkat kemenangan 3-0 atas Borussia Dortmund di leg pertama fase 16 besar Liga Champions. Peluang Spurs semakin besar karena di leg kedua, Rabu 6 Maret 2019 dini hari nanti giliran Spurs yang akan menjamu Dortmund di Wembley Stadium.

Dengan modal keunggulan agregat 3-0, di atas kerta sulit bagi Dortmund untuk bisa menyamakan agregat, apalagi membalikkan keadaan. Sebaliknya, kerja The Lilywhites akan lebih ringan di laga ini karena kalah 0-2 sekali pun, Tottenham tetap melaju ke perempat final.

Dortmund juga tidak dalam kondisi terbaik saat menyambangi markas Tottenham. Tim besutan Lucien Favre baru saja tumbang  1-2 dari Augsburg di pentas Bundesliga, Sabtu 2 Maret 2019 lalu. Mereka juga dalam tekanan karena koleksi poin Dortmund kini sama dengan pesaing utama, Bayern Munchen.

Mereka hanya unggul selisih gol, sehingga masih berhak menempati posisi puncak klasemen Bundesliga. Derita Dortmun semakin besar karena pada bentrokan kali ini dua pemain kuncinya, Paco Alcacer dan Marco Reus belum bisa turun menyusul cedera yang melilitnya.

Sebaliknya, anak buah Mauricio Pochettino dalam kondisi prima. Di pertandingan terakhir mereka di Liga Inggris, Christian Eriksen cs. menghajar Leicester dengan skor 3-1.

Melihat peluang juara Premier League sangat tipis, Pochettino tampaknya lebih memilih fokus ke Liga Champions.

Sepanjang sejarah Liga Champions, kedua tim ini sudah bertemu empat kali dalam tiga musim terakhir. Uniknya, empat pertandingan itu tidak pernah berakhir seri dengan masing-masing tim mengantongi dua kemenangan dan total 13 gol. Banyaknya gol dalam dua pertemuan sebelumnya, bisa dipastikan kedua tim sama-sama doyan bermain terbuka.

Bagi Dortmund, memang tidak ada pilihan selain tampil menyerang. Sebab, minimal mereka membutuhkan kemenangan dengan gol tanpa kebobolan untuk menyamakan agregat, dan wajib menang lebih dari tiga gol tanpa kebobolan untuk menyegel tiket ke fase perempat final.

Kendati begitu, kapten sekaligus striker andalan Spurs di lini depan tak ingin memandang lawan dengan sebelah mata.

"Ini laga yang tidak akan mudah, semua terserah pada kami, bagaimana kami bekerja di lapangan untuk mencapai hasil akhir yang positif. Kami tidak akan pernah memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mencapai perempat final,” ujar Kane seperti dikutip dari The National.

“Saya tidak akan mengatakan kami adalah salah satu favorit untuk melangkah ke babak 8 besar. Saya pikir kami telah menunjukkan dalam pertandingan tertentu, seperti tahun ini dan tahun lalu saat melawan Real Madrid dan Barcelona. Fakta menunjukkan ​​bahwa kami dapat mengalahkan tim besar," tambahnya.

Dibanding terlalu jauh memikirkan peluang meraih gelar Liga Champions, Kane lebih senang bersikap menginjak bumi.

 

"Kita akan lihat, hal yang paling penting adalah melewati pertandingan hari Selasa 5 Maret 2019 waktu setempat (Rabu 6 Maret 2019 dini hari WIB) dengan baik dan sedikit demi sedikit jika kami mengalahkan tim-tim besar itu menumbuhkan kepercayaan diri. Gelar juara bukan sesuatu yang tidak mungkin, tetapi alangkah baiknya kita akan melihat apa yang terjadi saat ini dulu," kata Top Scorer Piala Dunia 2018 lalu itu.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini