Atlet ganda campuran Tontowi Ahmad mengumumkan pensiun lewat Instagramnya. (Instagram Tontowi Ahmad)

Tontowi Ahmad Pensiun, Pamit Lewat Instagram

Bulutangkis 18 May 2020 11:34 WIB

Tontowi Ahmad, pemain bulutangkis berusia 32 tahun mengumumkan pensiun dari karirnya sebagai atlet. Pasangan ganda campuran Liliana Natsir itu mengumumkan keputusan gantung raket lewat akun Instagramnya, @tontowiahmad_.

"Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal pada sesuatu yang saya tekuni lebih dari setengah umur saya, yang membuat hidupku lebih berwarna," tulis Tontowi di awal statusnya. Status yang diunggah sejak 5 jam lalu itu telah disukai lebih dari 37 ribu kali ketika berita ditulis.

Ia kemudian melanjutkan, "Memang saya mengharapkan saya bisa menyudahi ini dipuncak podium, tapi inilah hidup. Tak selalu apa yang kita inginkan bisa tercapai seperti situasi dan kondisi saat ini. Tapi apapun yang terjadi saya sangat bersyukur bisa di posisi saya sekarang," katanya.

Tontowi yang kerap disapa Owi memiliki deretan prestasi mentereng setelah dikawinkan dengan Liliana Natsir di lapangan badminton, sejak 2010. Bersama rekannya yang sering disapa Butet, pasangan ganda campuran ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang mampu membawa pulang medali emas di Olimpiade Brasil, 2016 lalu.

Owi sendiri memulai karirnya sejak usia 8 tahun. Ia kemudian bergabung dengan PB Djarum Kudus sejak tahun 2005. Prestasi lain yang sempat diraihnya adalah 10 gelar juara BWF Grand Prix yang dikantongi bersama Butet.

Namun sejak ditinggal Butet pensiun lebih dulu, Owi tampak kesulitan mendapat pasangan penggantinya. Pasangan ini terakhir tampil di Daihatsu Indonesia Masters 2019 pada 22-27 Januari di Istora Senayan, Jakarta.

Dalam catatan pensiunnya, Owi kemudian melanjutkan, "Saya juga mau berterimakasih untuk semua yang sudah mendukung karir saya di dunia bulutangkis selama ini, yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Dan sekarang, waktunya saya melanjutkan hidup untuk meraih kesuksesan di bidang lain," tutupnya.

Unggahan itu diikuti banyak cuitan yang menyayangkan keputusan Tontowi Ahmad yang pensiun.

Namun banyak pula yang menyatakan terima kasih atas dedikasinya selama menjadi atlet dan membawa prestasi untuk Indonesia.

Sebagian warganet juga menyampaikan doa agar Tontowi Ahmad yang pensiun dari bulutangkis bisa sukses di bidang yang lain.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 06:00 WIB

F1 GP Styria, Kemenangan Perdana Hamilton Musim Ini

F1

Sejak awal balapan, Lewis Hamilton tampil dominan.

13 Jul 2020 05:49 WIB

Doa Tahlil dan Baca Dzikir untuk Orang Wafat, Ini Dalilnya

Islam Sehari-hari

Sesuai Hadits Nabi menjadi tradisi yang diajarkan ulama hingga kini

13 Jul 2020 05:28 WIB

Start Turun 3 Posisi, Charles Leclerc Apes Nabrak Vettel

F1

Nasib apes Charles Leclerc dan tim Ferrari di F1 GP Styria 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...