Tolak Provokasi dengan Kejernihan Hati

25 Oct 2018 03:45 Islam Sehari-hari

Semakin kompleksnya permasalahan yang terjadi di negeri ini kian mampu menciptakan suasana bangsa ini semakin ngeri dan seakan tidak dapat lagi distabilisasi.

Ustadz Ilham Zubair Nawawie, juru dakwah dari Wiyung Surabaya, mengawali tausiyahnya.

"Maraknya makar yang dilakukan oleh segelintir oknum yang nyata-nyata bertujuan mengguncang kondusifitas negeri ini rupanya sudah mampu memprovokasi dan memancing emosi

"Dalam situasi yang genting seperti ini, mari kita berpikir sejenak! Sebagai anak bangsa, apakah kita rela negeri kita yang tercinta ini lepas kendali?"

Apakah kita juga akan membiarkan negeri ini porak-poranda kehilangan jati diri hanya karena ulah segelintir orang yang ingin meruntuhkan NKRI?

Sebagai putra bangsa tentunya kita tetap mengharapkan negeri ini tetap gemah ripah loh jinawi dan merupakan penggalan alam surgawi.

Oleh karenanya, mari kita sikapi setiap tragedi yang tengah terjadi di negeri ini dengan kejernihan hati, terus berharap dan berdoa kepada Allah semoga Allah segera mengembalikan stabilitas bangsa ini.

Lepas kontrol dan melampiaskan emosi bukanlah cara untuk menjawab sekian banyak persoalan yang terjadi di negeri ini. Justru malah akan mempermudah masuknya setan kedalam diri kita, hingga pada akhirnya kita tak ubahnya seperti wayang yang dikendalikan dan dipermainkan oleh Ki Dalang, yang Ki Dalang itu sendiri adalah setan.

"Lepas kontrol dan melampiaskan emosi bukanlah cara untuk menjawab sekian banyak persoalan yang terjadi di negeri ini. Justru malah akan mempermudah masuknya setan kedalam diri kita, hingga pada akhirnya kita tak ubahnya seperti wayang yang dikendalikan dan dipermainkan oleh Ki Dalang, yang Ki Dalang itu sendiri adalah setan."

Karena dengan mengumbar emosi, kita akan mudah terprovokasi, dan pada akhirnya kita pun akan lepas kendali. Sehingga setan akan mudah mengambil peran sebagai pengendali. Dengan begitu, setan akan leluasa mengendalikan diri kita menuju jurang kesesatan dan kebinasaan, yang mana hal ini merupakan tujuan utama setan.

Sebagaimana sumpahnya dihadapan Allah swt:

قال رب بمااغويتني لازينن لهم في الارض ولاغوينهم اجمعين

"Iblis berkata: Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, maka pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik di muka bumi ini (terhadap perbuatan-perbuatan maksiat), dan pasti aku akan menyesatkan mereka semua".

Oleh karena itu, menahan diri, mengendalikan dan mengontrol emosi, tidak mudah terprovokasi dan yang terpenting memohon pertolongan Allah Rabbul izzati, merupakan upaya yang paling jitu guna tetap menjaga keutuhan, stabilitas dan kondusifitas negeri ini supaya tetap aman dan terkendali.

Wallahu a'lam bisshawab.

اللهم اعناعلى ذكرك وشكرك وحسن عبادتك
اللهم صل على سيدنامحمد

 

(adi)

Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini