Ilustrasi. Pesawat tempur F-16.

TNI AU Terbangkan 4 Pesawat Jet Tempur F-16 ke Natuna

Nasional 07 January 2020 16:51 WIB

TNI AU mengirimkan 4 pesawat jet tempur F-16 ke perairan Natuna. Empat pesawat itu diterbangkan melalui Pangkalan Udara Roemin Nurjadin Pekanbaru.

Komandan Lanud Roemin Nurjadin, Marsekal Pertama Ronny Irianto Moningka, Selasa, 7 Januari 2020 mengatakan pengerahan jet tempur ini dilakukan guna menjaga kedaulatan NKRI di tengah memanasnya tensi diplomatik antara Indonesia dan China terkait sengketa Natuna.

"Hari ini empat pesawat tempur kita kerahkan ke Natuna," katanya, mengutip Antara.

Lanjut Ronny, pengerahan jet tempur F-16 merupakan perintah dari Panglima TNI yang dilanjutkan ke Pangkoops Wilayah I AU. Lanud Roesmin Nurjadin selalu siap apabila diperintahkan.

Jendral bintang satu TNI AU ini menegaskan bahwa pengerahan pesawat tempur ke Natuna disebut dengan Operasi Lintas Elang 2020.

Dia menjelaskan bahwa Lanud Roesmin Nurjadin memang sering menggelar latihan tempur. "Namun untuk kali ini kita geser ke Natuna. Ini operasi Lintas Elang 2020," katanya.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari ini situasi di Perairan Natuna memanas dengan masuknya sejumlah kapal pencari ikan yang dikawal kapal penjaga pantai dari Tiongkok.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tidak akan melakukan negosiasi terhada Tiongkok terhadap perairan Natuna. Karena wilayah itu merupakan sah masuk wilayah Indonesia.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Apr 2020 02:53 WIB

Jangan Tolak Jenazah dan Pasien Positif Covid-19, Pesan Haedar

Khazanah

Sikap PP Muhammadiyah untuk korban Pandemi Corona

03 Apr 2020 01:25 WIB

Geger Corona, Angka Kecelakaan di Jatim Turun 5.000 Kasus

Jawa Timur

Angka kecelakaan turun 71 persen.

03 Apr 2020 00:37 WIB

Indonesia Tolak Transit dan Kunjungan WNA Per 2 April

Nasional

Indonesia tolak transit dan kunjungan WNA.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.