Sapto Anggoro, Pimred Tirto.ID Menerima Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif, pada HPN 2018 di Sumbar hari Jumat 9 Februari 2018. (foto: istimewa)

'Tirto.ID' Raih Penghargaan Khusus Sebagai Media Siber Terinovatif

Nasional 09 February 2018 18:11 WIB

Setiap tahun memperingati Hari Pers Nasional, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) memberi anugerah kepada wartawan dan media yang dianggap berprestasi. Penyerahan anugerah dilakukan pada acara puncak peringatan HPN yang tahun ini dipusatkan di Danau Cimpago Pantai Padang, Sumatera Barat, Jumat, 9 Februari 2018.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, HPN 2018 juga dihadiri Presiden RI. Presiden Jokowi hadir selain membuka, menyampaikan sambutan serta menyerahkan penghargaan kepada  para wartawan. 

Media online Tirto.ID oleh PWI diberi Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif,  setelah diamati secara diam-diam oleh dewan juri yang terdiri dari Nukman Lutfie, Manuel Irwanputera, dan Merdi Sofansyah. Penghargaan diterima Pimred sekaligus Penanggungjawab Tirto.ID, A. Sapto Anggoro.

Penghargaan  khusus ini diberikan kepada Tirto.Id  berdasarkan konten yang konsisten mengusung prinsip komprehensif 5W+1H dan sesuai kaidah jurnalistik, kelengkapan berita dengan tampilan info-info grafis .yang memudahkan pembaca memahami konteks sebuah berita, serta independen dalam kebijakan redaksinya.

Untuk para wartawan, PWI Pusat juga menyelenggarakan lomba penulisan, foto dan karikatur, yang para pemenangnya memperoleh Anugerah Adinegoro, yang juga diserahkan pada puncak acara HPN.

Ada beberapa katagori, masing-masing Indepth reporting dimenangkan M Amin dari Riau Post, Foto dimenangkan Raka Denny dari Jawa Pos tentang Fase Kritis di Gunubg Agung Bali, Karikatur NKRI oleh Budi Setyo dari Media Indonesia, Radio oleh Surya Thalib dari RRI Nunukan Kaltara, Jurnalistik TV dimenangkan Rivo dari Trans 7 dan Jurnalistik Siber dimenangkan Haryo dari Kompas.ID. (frd)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2019 21:13 WIB

Dewan Pers: Permasalahan TKN dan Tirto.id Dinyatakan Selesai

Nasional

Pemimpin Redaksi Tirto A Sapto Anggoro lega dengan surat yang dikeluarkan oleh Dewan Pers.

19 Mar 2019 12:40 WIB

Kader GP Ansor Cabut Pengaduan terhadap Tirto.id

Jawa Timur

Pengaduan terhadap Tirto.id karena dianggap menghina Ma'ruf Amin.

18 Mar 2019 19:17 WIB

Dianggap Melecehkan, tirto.id Dilaporkan ke Polda Jatim

Jawa Timur

Aduan itu dilayangkan oleh Asisten Divisi Kerjasama Satkorwil Banser Jatim, Abdul Rosyid, di Subdit V Siber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, SeninĀ  18 Maret 2019 sore.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.