Tips bagi lansia agar tetap sehat di saat pandemi Covid-19. (ilustrasi: Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)
Tips bagi lansia agar tetap sehat di saat pandemi Covid-19. (ilustrasi: Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)

Tips Tetap Sehat bagi Lansia saat Pandemi

Ngopibareng.id Reportase 01 January 2021 18:30 WIB

Kelompok lanjut usia (lansia) menjadi salah satu kelompok rentan di masa pandemi Covid-19. Penurunan sistem imun serta penyakit kronis yang diderita, membuat delapan dari 10 kematian akibat Covid-19 di Amerika, dialami lansia.

Dokter spesialis penyakit dalam, sekaligus pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, membuat sejumlah tips bagi lansia, untuk tetap bisa sehat dan mencegah terpapar Covid-19, di laman Instagramnya.

Berikut sejumlah tips bagi lansia saat pandemi:

Waspadai Enam Penyakit Kronis Lansia

Secara umum, terdapat enam penyakit kronis yang banyak diderita oleh kelompok lansia. Antara lain diabetes, hipertensi, sakit jantung, penyakit ginjal, paru, dan penyakit saraf.

Pada lansia dengan dua penyakit kronis, rentan mengalami gejala kritis dengan cepat, jika terinfeksi Covid-19.

Tips Mencegah Terpapar Covid-19

Pakai masker tiga lapis baik medis atau kain dan rutin mencuci tangan. Selain itu sebaiknya tetap berada di rumah saja, dan jika bertemu orang lain maka wajib diterapkan untuk menjaga jarak.

Selain itu, jika keluar rumah, lansia harus menghindari kerumunan, tak menyentuh benda ketika di rumah sakit, serta membuat perjanjian lebih dahulu jika hendak ke rumah sakit, sehingga bisa datang tepat waktu dan tak terlalu lama menunggu di rumah sakit.

Wajib Disiapkan oleh Lansia

Jika memiliki penyakit kronis, maka pengobatan harus tetap dilakukan secara berkala, dan tidak dihentikan, kecuali ada saran dari dokter. Lansia juga harus memastikan pasokan obat terjamin minimal untuk 30 hari ke depan.

Selain itu, tak perlu ragu dan tidak menunda untuk pergi ke dokter jika dalam kondisi darurat, dan tetap menyimpan nomor telepon atau call center rumah sakit terdekat.

Tips Jika Lansia Terpapar Covid

Sejumlah hal, wajib segera dilakukan oleh lansia, terutama dengan penyakit kronis jika terpapar Covid-19. Yaitu mengontak segera fasilitas kesehatan terdekat untuk menentukan gejala Covid, apakah ringan, sedang, atau berat.

Kemudian yang harus diperhatikan pula, gejala demam sering tersamar pada usia lanjut lantaran turunnya fungsi organ. Sehinga, lansia dengan penyakit kronis harus lebih waspada dan hati-hati.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Feb 2021 23:00 WIB

Sempat Ditutup Akibat Longsor, Jalur Batu-Kediri Kembali Normal

Bencana

Bagi kendaraan 14 ton ke atas dilarang melintasi ruas jalan tersebut.

28 Feb 2021 22:56 WIB

Suksesi Kosgoro 1957, Abu Rizal Sebut Airlangga Hartarto Netral

Nasional

Airlangga Hartarto setujui mubes Jakarta dan Cirebon.

28 Feb 2021 22:45 WIB

Protes Berdarah, 18 Orang Meninggal di Myanmar

Internasional

Total 21 orang meninggal sepanjang Februari.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...