Keluarga Novel Baswedan. (Foto: Twitter)
Keluarga Novel Baswedan. (Foto: Twitter)

Tips Sembuh Corona dari Novel Baswedan

Ngopibareng.id Kesehatan 11 September 2020 09:48 WIB

Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dinyatakan positif corona atau Covid-19. Hasil tersebut diketahui usai Novel Baswedan menjalani tes swab wajib bagi pegawai KPK, pada 27 Agustus 2020.

Tak disangka, istri dan keempat anak Novel Baswedan juga terkonfirmasi positif Covid-19. Keluarga ini berstatus sebagai pasien tanpa gejala.

Kini, keluarga Novel Baswedan dinyatakan sembuh dari Covid-19. Melalui akun Twitter pribadinya, @nazaqistsha, Novel Baswedan membagikan tips yang ia lakukan hingga bisa sembuh dari virus yang tersebar pertama kali dari Kota Wuhan, China itu.

Selama 11 hari menjalani isolasi, Novel Baswedan menjaga agar kondisi psikisnya dan keluarga tetap tenang. "Hal yang saya lakukan dan konsumsi selama 11 hari isolasi adalah: 1. Menjaga psikis diri saya dan keluarga agar tetap baik dan tenang," ungkapnya.

"Krn khawatir, takut, marah dan sedih justru membuat imun tubuh tdk bekerja dgn efektif (Itu yg sy pahami dari bbrp dokter)," sambung Novel Baswedan.

Selain itu, Novel Baswedan juga mengkonsumsi ramuan herbal. Ia mengungkapkan sejumlah ramuan yang telah dikonsumsinya.

"2. Banyak istirahat, agar energi kita optimal digunakan utk imun tubuh bekerja. 3. Konsumsi ramuan yg berisi herbal dan probiotik. Herbal diantaranya kunyit n kencur diparut dan diseduh dgn air hangat dicampur dgn madu," terang pria 43 tahun ini.

Novel Baswedan juga menyarankan konsumsi sejumlah suplemen. Ia pun berharap agar pasien positif Covid-19 bisa segera sembuh.

"Jg rebusan jahe yg diberi minyak kayu putih setetes Selain itu ada bbrp suplemen yg menurut dokter perlu dikonsumsi, diantaranya VIT C, D, E dan zinc. Semoga bermanfaat. Bagi yang sedang sakit semoga lekas sembuh," demikian tulis pria kelahiran 22 Juni 1977 ini.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 03:08 WIB

Saat Peradaban Barat Mundur, Tak Otomatis Islam Jadi Alternatif

Khazanah

Prof Azyumardi Azra tentang perdamaian dunia

22 Jan 2021 02:38 WIB

Yudi Latif: Muhammadiyah, Bentuk Terbaik Politik Identitas

Khazanah

Di tengah politik identitas menjadi masalah sekarang

22 Jan 2021 00:56 WIB

Usai Copot Hijab, Selebgram Rachel Vennya akan Cerai?

Gosip Artis

Selebgram Rachel Vennya mengunggah postingan soal cerai.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...