Tips Menjaga Kesehatan Mata Sejak Dini dari Dokter RSMU

12 Aug 2019 16:39 RS Mata Undaan
RS Mata Undaan

Kesehatan mata merupakan aset yang berharga. Terutama bagi anak-anak, karena gangguan pada kesehatan mata akan berdampak pula pada aktivitas anak misalnya nilai akademis, sosial, maupun hobi mereka.

Di masa kanak-kanak otak belajar bagaimana cara menggunakan mata untuk melihat, sama seperti saat menggunakan kaki untuk berjalan maupun tangan untuk bergerak.

Untuk itu di masa tumbuh kembang anak, orangtua tidak boleh mengabaikan begitu saja tentang kesehatan mata. Dokter spesialis mata dr. Rita Tjandra, Sp.M, sub spesialis Vitreoretina dari Rumah Sakit Mata Undaan (RSMU) mengatakan, pemeriksaan berkala enam bulan sekali penting dilakukan untuk mendiagnosis bila ada gangguan mata sejak dini.

"Sebaiknya hal ini dilakukan sedini mungkin saat anak sudah mulai belajar membaca sekitar 3 atau 4 tahun," ujar Rita Tjandra, saat dihubungi Senin, 12 Agustus 2019.

Selain pemeriksaan mata, Rita Tjandra menuturkan beberapa kebiasaan dapat diterapkan orangtua pada anaknya untuk menjaga kesehatan mata. Apa sajakah itu?

1. Membiasakan anak membaca di tempat terang sambil duduk

Kebiasaan ini baik untuk kesehatan mata anak, karena sejak kecil sudah terbiasa dengan cara membaca yang benar. Sebab, saat membaca di tempat terang dan sambil duduk, mata tidak dipaksa untuk melihat sehingga tidak berakibat buruk pada saraf mata.

2. Melihat dengan jarang kurang lebih 30 cm 

"Melihat televisi, handphone atau benda lainnya sebaiknya sejak kecil dibiasakan melihat dengan jarak 30 sentimeter. Jadi nanti penglihatan anak semakin tajam karena sering dilatih," ujar Rita Tjandra

3. Makan sayur dan buah yang berwarna

Buah-buahan dan sayuran yang berwarna adalah buah seperti semangka, melon, strawberi, buah naga dan pepaya. Untuk buah berwarna merah misalnya apel, delima, ceri, tomat merah, dan untuk sayuran paprika merah.

"Buah dan sayur warna merah banyak mengandung antioksidan, serat, karotenoid berupa likopen, antosianin, flavonoid yg penting untuk pertumbuhan sel, memperlambat penuaan serta tentunya menjaga kesehatan mata pada anak, karena mengandung vitamin A," pungkas Rita Tjandra.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana merawat dan menjaga kesehatan mata anak-anak Anda sedini mungkin, RSMU sebagai rumah sakit  khusus mata di Surabaya dapat menjadi pilihan untuk memeriksaan kesehatan mata anak secara berkala. Bisa juga dilakukan konsultasi dengan dokter spesialis tentang kesehatan mata anak.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini