Tips Mengenali Jenis Kulit Sebelum Memilih Skincare

16 Jul 2019 04:36 Kesehatan

Pemilihan skincare (produk perawatan kulit) yang tidak tepat justru akan menimbulkan kulit alergi atau bahkan berjerawat. Dokter spesialis estetika dr. Amelia Gonta dari Jayanata mengatakan, sebelum memilih skincare sebaiknya harus mengenali jenis kulit terlebih dahulu.

"Kenapa demikian, agar saat memilih skincare kita dapat menyesuaikan apa yang dibutuhkan kulit. Misalnya kulit kering bisa pilih skincare yang dapat meningkatkan pH kulit," ujarnya dalam acara 'Beauty Talk With dr. Amelia Gonta', Senin 15 Juli 2019.

Menurut dia, perempuan di atas usia 20 tahun jarang sekali memiliki kulit yang benar-benar normal. Ada kecenderungan kulit kering atau berminyak, ini harus dikenali sebelum memilih skincare yang tepat bagi wajah. Lantas bagaimanakah cara mengenalinya?

Pertama, kata Amelia, kenali ciri-ciri dari masing-masing kecenderungan kulit ini. "Kalau kulit berminyak cirinya pori-porinya besar, mudah sekali kusam, kalau untuk kulit kering ciri-cirinya tentunya pori-pori terlihat lebih rata dan hampir tidak terlihat," terang Amelia.

Setelah itu, jenis kulit juga dapat dikenali saat bangun tidur, ketika bangun tidur tanpa menggunakan skincare apapun kalau kulit terasa tertarik dan kencang itu tandanya kulit cenderung kering.

Sebaliknya, sambung Amelia, kulit terasa berminyak dan kusam berarti cenderung berminyak. "Ada baiknya pula sebelum memilih skincare berkonsultasi dengan dokter estetik untuk diarahkan memilih skincare yang tepat. Di era banyaknya produk skincare yang beredar dipasaran butuh kecermatan dalam memilih agar kulit tetap sehat," pungkasnya.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini