Tips mencegah penularan Covid-19 di perkantoran. (Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)
Tips mencegah penularan Covid-19 di perkantoran. (Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)

Tips Cegah Penularan Covid-19 di Perkantoran

Ngopibareng.id Reportase 24 October 2020 14:30 WIB

Kantor menjadi salah satu tempat penyebaran Covid-19. Pandemic Talks memberikan sejumlah tips untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di perkantoran.

Sirkulasi Udara

Covid-19 diketahui bisa menyebar melalui udara. Sehingga, sirkulasi udara yang baik mampu meminimalisir penyebaran virus.

Waktu Rapat

Rapat adalah waktu yang mengundang aktifitas berkerumun dalam satu ruangan. Untuk meminimaliris penyebaran viris, sebaiknya waktu rapat dilaksanakan pada pagi hari sehingga kebutuhan pendingan udara tak terlalu mendesak dan bisa dimatikan. Jendela bisa dibuka agar sirkulasi udara berjalan baik.

Jaga Jarak

Penerapan jaga jarak penting dalam rapat di kantor. Jika ruangan dan peserta rapat tak berimbang, pertemuan bisa dibagi di ruang berbeda atau melalui daring.

Durasi rapat juga disarankan tak terlalu lama. Jika berlangsung di dalam ruangan, rapat dilakukan dengan efektif dengan waktu tak lebih dari 30 menit.

Makan dan Minum

Selama rapat, makan dan minum bersama dengan kegiatan melepas masker harus dihindari. Membuka masker menyebabkan kemungkian penularan membesar.

Pakai Masker

Tak lupa, tetap pakai masker di dalam kantor dan selama rapat. Serta, karyawan peserta rapat dipastikan dalam kondisi sehat. Bila ada gejala sakit, karyawan disarankan mengikuti rapat lewat daring.

Waspadai Titik Ini

Sejumlah titik menjadi sumber penularan Covid-19. Antara lain gagang pintu, toilet umum, tombol lift, dispender air, mesin presensi sidik jari, serta ruang tertutup dengan sirkulasi udara yang buruk.

Sejumlah titik itu menjadi sumber penyebaran lantaran bayak diakses oleh penghuni kantor. Sedangkan ventilasi dan pendingin ruangan berkaitan dengan sirkulasi virus yang bertahan di dalam ruangan tersebut.

Sehingga disarankan untuk berhati-hati saat menyentuh barang publik, serta selalu bawa hand sanitizer kemanapun. Usahakan pula untuk tak menyentuh wajah setelah menyentuh barang publik di kantor.

View this post on Instagram

Waspada kenali titik-titik sumber penularan klaster perkantoran. Hati-hati saat sentuh barang publik. Selalu bawa hand sanitizer dan cairan disinfektan kemanapun. Usahakan jangan sentuh bagian wajah setelah sentuh barang publik di kantor. -- Aktivitas perkantoran adalah aktifitas rutin bagi para pekerja. Yang selalu terjadi adalah kegiatan seperti rapat pun tidak bisa dihindari guna memacu produktifitas. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut. Sirkulasi Udara Baik Mengingat Covid-19 bisa menyebar melalui udara, pekerja diminta memperhatikan sirkulasi udara ruangan rapat. Agar tempat rapat dilakukan di ruang bersirkulasi udara luar yang baik sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus. Rapat Pagi Hari Pagi hari adalah waktu yang ideal untuk melakukan rapat. Pendingin ruangan atau AC saat rapat diminta dimatikan sementara dan buka jendela agar sirkulasi udara berjalan baik. #Jagajarak Aturan sudah berlaku secara umum, peserta rapat di kantor diminta tetap menjaga jarak. Mengingat virus Corona merupakan partikel yang kecil sehingga, peserta rapat secara langsung dibatasi dan sebagian di ruang lain secara online. Durasi Rapat Rapat di kantor diminta agar tidak terlalu lama. Pekerja agar melakukan rapat secara efektif dengan membahas berbagai urgensi yang sangat penting, bahkan waktu rapat juga tidak lebih dari 30 menit. Jangan Makan dan Minum Makan dan minum selama rapat juga harus dihindari, sebabnya hal itu akan membuat pekerja membuka masker sehingga membuka kemungkinan terjadinya penularan virus Covid-19. #Pakaimasker Jangan lupa, memakai masker adalah kewajiban bagi setiap karyawan yang rapat. Selain itu juga pastikan bahwa yang mengikuti rapat hanya karyawan yang sehat. Bila ada gejala sakit, sebaiknya karyawan tersebut tidak ikut rapat, atau bisa mengikuti lewat daring. Sumber : CNBC Indonesia

A post shared by Pandemic Talks #ProtokolVDJ (@pandemictalks) on

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 20:21 WIB

Kepatuhan Masyarakat Terhadap Protokol Kesehatan Menurun

Rek, Ojok Angel Tuturane

Penurunan dimulai saat libur panjang lalu.

03 Dec 2020 20:16 WIB

Satgas Covid Target RS Lapangan di Malang Selesai Dua Pekan

Jawa Timur

Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo meninjau langsung RS lapangan.

03 Dec 2020 20:09 WIB

Ketua MPR: Deklarasi Benny Wenda Makar, Harus Ditindak Tegas

Nasional

Bambang Soesatyo meminta pemerintah tegas terhadap Benny Wenda.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...