Ilustrasi berkendara motor dengan aman saat pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi berkendara motor dengan aman saat pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Tips Aman Berkendara Roda Dua saat Pendemi Covid-19

Ngopibareng.id Nasional 24 November 2020 15:17 WIB

Naik motor atau kendaraan roda dua saat pendemi Covid-19 tidak dilarang, namun ada beberapa tips yang harus dipatuhi. Hal ini penting agar kita terhindar dari penularan virus Covid-19. Seperti diketahui, populasi pengendara motor terbilang besar. Sehingga dibutuhkan kesadaran agar terhindar dari virus Covid-19 yang belum melandai di Tanah Air.

Tips pertama, pakai masker. Aturan yang satu ini sudah sangat umum sejak pandemi Corona ditetapkan. Alasan penggunaan masker adalah untuk mencegah virus Corona masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan atau mulut. Tips selanjutnya yang bisa diikuti dengan menggunakan sarung tangan saat mengendarai sepeda motor. Selain sarung tangan, penggunaan hand sanitizer juga tetap diprioritaskan. Hand sanitizer bisa digunakan tiap kali selesai berkendara atau setelah memegang permukaan benda.

Mengendarai sepeda motor sendirian sangat disarankan ketika pandemi corona. Dengan berkendara sendirian akan lebih mudah bagi pengendara sepeda motor untuk mengatur jarak dengan orang atau pengendara lainnya di jalan.

Mengendarai sepeda motor dengan berboncengan tidak dilarang. Tapi ada syarat yang harus dipenuhi, yakni hanya diperbolehkan membawa orang atau berboncengan asalkan berdomisili sama atau tinggal serumah.

Tak hanya menjaga diri sendiri, kendaraan yang digunakan juga harus mendapat perhatian. Karena digunakan ke mana pun, bisa saja ada virus yang menempel pada kendaraan. Oleh karena itu sebaiknya sesekali sepeda motor agar dilakukan sterilisasi. Caranya mudah, yakni hanya dengan melakukan penyemprotan disenfektan pada kendaraan.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi tips aman berkendara motor saat pandemi Covid19 Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi tips aman berkendara motor saat pandemi Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Jan 2021 07:47 WIB

Penemuan Kuwat

Dahlan Iskan

Penemuan ITB dan UGM terkait Covid-19 membanggakan kita semua.

20 Jan 2021 07:45 WIB

Siaga Bencana Penting Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian

Nasional

Satgas Covid-19 mengingatkana pentingnya kesiagaan bencana di pengungsian.

20 Jan 2021 07:21 WIB

Tentara Wajib Berambut Cepak, Ternyata Ini Alasannya

Humor Sufi

Humor Politik, dunia tentara di masa pandemi Covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...