Bupati Irsyad saat makan durian bersama muspida Pasuruan. (Dok Humas)
Bupati Irsyad saat makan durian bersama muspida Pasuruan. (Dok Humas)

Tingkatkan Wisata, Bupati Pasuruan Gelar Bursa Durian Kakap

Ngopibareng.id Ngopibareng Pasuruan 15 March 2020 22:08 WIB

Pemerintah Kabupaten Pasuruan menggelar Bursa Durian Kakap, di Taman Dayu, Kecamatan Pandaan. Bursa kali ini mengambil tema "Ayo Rame-Rame Belah Durian Kakap. Makan Sepuasnya, Bayar Sewajarnya".

Bursa kali ini dibuka oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Hadir dalam bursa durian itu anggota Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) Kabupaten Pasuruan hingga para pecinta durian memadati lokasi festival.

Pemkab Pasuruan menyediakan lebih dari 400 durian yang dibagikan gratis untuk para pengunjung di hari pertama. Tak hanya itu saja, Bupati Irsyad juga memborong durian-durian terbaik yang sengaja dilelang dengan harga total mencapai Rp10 juta.

Durian-durian unggulan seperti Si Kasmin, Si Karim, Durian Bajol, Durian Denok dan jenis durian lainnya langsung menjadi rebutan masyarakat. Mereka sangat antusias mengikuti festival ini, lantaran bisa menikmati durian gratis dan enak.

"Lumayan, dikasih satu sama Pak Bupati tadi. Buat keluarga dan makan bareng-bareng. Enak sekali duriannya," kata Fitriani, salah satu penikmat durian asal Sidoarjo.

Dalam sambutannya, Bupati Irsyad mengatakan, seluruh durian yang ditampilkan dalam Bursa Durian berasal dari 8 kecamatan penghasil durian. Seperti Kecamatan Lumbang, Puspo, Tutur, Pasrepan, Purwodadi, Purwosari, Prigen dan Kecamatan Sukorejo.

Dirinya memastikan bahwa semua durian yang dibawa merupakan durian terbaik di Kabupaten Pasuruan dan dijual dengan harga yang sesuai dengan rasanya.

"Saya sangat berterima kasih kepada seluruh pengunjung yang begitu ramai datang ke Festival Durian Kakap ini. Kami pastikan durian-durian ini adalah durian terbaik di Kabupaten Pasuruan, dan saya ucapkan selamat menikmati dua hari penuh durian," katanya.

Irsyad menambahkan, akan terus menjadikan bursa durian kakap sebagai agenda pariwisata tahunan. Tujuannya tak lain hanya untuk mempromosikan potensi buah durian yang menjadi salah satu ikon buah Khas Kabupaten Pasuruan.

"Setiap tahunnya akan selalu kita agendakan, sehingga para penikmat durian dari manapun akan datang ke Kabupaten Pasuruan," katanya.

Irsyad menegaskan, bursa durian kakap adalah salah satu upaya untuk bisa mempromosikan potensi buah-buahan yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Pasuruan.

Selain durian, ada beberapa jenis produk holtikultura yang menjadi kebanggaan Kabupaten Pasuruan, yakni Kapiten (Kopi Asli Kabupaten Pasuruan), Mangga Gadung Klonal 21 dan Garifta, Apel Pagi (Apel Pasuruan Manalagi), srikaya, salak, duku, strawberry, bunga krisan serta sedap malam.

"Kita akan terus membranding semua potensi holtikultura yang ada di Kabupaten Pasuruan. Kita akan terus melakukan promosi besar-besaran baik melalui pameran local, nasional bahkan internasional. Harapannya agar Kabupaten Pasuruan lebih dikenal lagi sebagai gudangnya semua potensi, khususnya potensi pertanian secara luas, pariwisata, investasi, perekonomian maupun peningkatan pelayanan public," katanya.

Di akhir sambutannya, Bupati Irsyad mengajak seluruh penikmat durian untuk dating ke Bursa Durian Kakap yang digelar selama dua hari berturut-turut. Yakni mulai 14-15 Maret 2020.

"Silahkan bawa uang yang banyak. Habiskan semua durian-durian enak khas Kabupaten Pasuruan. Makan sepuasnya, bayar sewajarnya," ajak Irsyad diikuti tepukan tangan para undangan. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Oct 2020 17:49 WIB

Perlukah Tes Antigen Diuji Ulang dengan Swab PCR?

Nasional

Belum ada standard of procedure yang baku soal tes antigen ini.

28 Oct 2020 17:27 WIB

KADIN Jatim Sambut Positif Keputusan UMP Tak Naik

Ekonomi dan Bisnis

Harap pekerja dapat memahami situasi pandemi.

28 Oct 2020 17:19 WIB

Fadli Zon Sampai Arie Untung Serukan Boikot Produk Prancis

Internasional

Pernyataan Presiden Prancis dianggap melukai umat Islam di seluruh dunia.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...