Tingkatkan Kualitas SDM, ITS Adakan ITSProvement

30 Oct 2019 21:10 Pendidikan

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengadakan kegiatan bertema ITSProvement. Ini merupakan wadah bagi para tenaga pendidik (tendik) dan karyawan ITS, untuk beradu ide kreativitas.

Hasil pemikirian para tendik dan keryawan ITS ini dipamerkan di Plaza dr Angka, kampus ITS, Rabu 30 Oktober 2019.

Tahun ini adalah kali ketiga terselenggaranya ITSProvement oleh Direktorat Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) ITS.

"Kegiatan tahunan ini merupakan wadah untuk memfasilitasi para tendik mengeluarkan ide-idenya guna membantu memberikan perbaikan ITS ke depannya," kata Direktur SDMO ITS, Dr. Sri Gunani Partiwi

Menurutnya, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada tendik untuk saling berkolaborasi dengan unit kerja lain yang berbeda di lingkungan ITS. Karena ITSProvement 3.0 ini berbasis ide dan bukan berbasis unit kerja.

"Agar dapat memberikan perbaikan sistem kerja saat ini untuk memperbaiki kinerja ITS secara keseluruhan," imbuh Sri Gunani.

Para tendik diharapkan bisa lebih percaya diri dalam berkreasi, karena orang yang paling tahu tentang keadaan terkini di sekitarnya yaitu para tendik.

'Building of the Culture Curiosity and Creativity' bukan cuma sekedar slogan. ITSProvement 3.0 harus bisa menumbuhkan budaya kreatif dan rasa ingin tahu yang tinggi.

"ITSProvement 3.0 berfokus pada dua kategori lomba, yaitu bidang manajemen dan teknologi informasi," ujar Sri Gunani.

Dari sebanyak 90 ide yang masuk, telah diseleksi oleh dewan juri sehingga mendapatkan 15 finalis. Juri selanjutnya melakukan penilaian melalui tahap presentasi pada 11 Oktober lalu.

Sementara itu, Rektor ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, MEng dalam sambutannya, memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini.

“Kami menyampaikan apresiasi karena sudah berkontribusi besar kepada ITS. Dengan kegiatan ini juga diharapkan pelayanan kerja ITS bisa terus diperbaiki dengan bantuan dari tendik dan karyawan,” ucapnya.

Nur Hasan SSi MKom, salah satu peserta ITS Provement 3.0 yang tergabung dalam tim SI-PANK dan tim E-Lib mengatakan, kegiatan ini dapat membuatnya lebih berkembang dan memiliki pengalaman.

“Selain itu, secara unit juga terbantu dengan output yang dihasilkan,” imbuh Nur Hasan.

Pada kompetisi ITSProvement 3.0 ini, Tim-K jadi pemenang kategori IT dengan inovasinya E-Kuesioner ITS (E-KITS) yaitu sistem informasi pembuatan, penyebaran, pengisian, dan penghitungan kuesioner ITS.

Sedangkan dari kategori manajemen dimenangkan oleh Tim Elektroda dengan aplikasi monitoring, pemeliharaan dan perawatan AC secara terpusat.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini