Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, ketika berkunjung ke RS Lapangan Kogabwilhan II, Jalan Indrapura, Surabaya. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Tingkat Kesembuhan RS Lapangan Capai 100 Persen

Jawa Timur 11 July 2020 14:25 WIB

Tingkat kesembuhan pasien konfirmasi positif virus corona atau Covid-19 di Rumah Sakit Lapangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II, Jalan Indrapura, Surabaya, terus meningkat. Dari total 419 pasien  yang dirawat, 371 sudah dinyatakan sembuh. Sehingga kini tersisa 44 pasien yang dirawat, sedangkan empat lainnya dirujuk ke RS Rujukan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tenaga medis yang telah membantu proses perawatan. Apalagi, tidak ada satupun nyawa melayang di RS yang dikomandoi oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II, Marsekal Madya TNI Imran Baidirus.

“Artinya, seluruh pasien Covid-19 yang dirawat di sana sudah sembuh dan sisanya sekarang tengah menjalani perawatan, kami harap juga segera menyusul untuk sembuh,” kata Khofifah, Sabtu 11 Juli 2020.

Khofifah mengatakan, saat ini layanan di RS Lapangan terus ditingkatkan untuk memberi kenyamanan pada pasien. Serta, penambahan kapasitas untuk mengurangi beban RS Rujukan. “Upaya untuk meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19 di Jatim adalah upaya yang tak henti kami lakukan. Prinsipnya adalah jika evakuasi pasien dilakukan dengan cepat, pelayanan juga cepat, maka kesembuhan juga dicapai dengan cepat,” ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, sudah ada one gate system yang digagas oleh Pangkogabwilhan II dalam rangka mengatur alur perawatan pasien. Sehingga, semua pasien dapat tertangani dengan cepat melalui satu sistem yang terpusat di RS Lapangan.

“Alhamdulillah dalam menjalankan RSDL (Rumah Sakit Darurat Lapangan) Indrapura kami juga mendapatkan banyak dukungan, misalnya dukungan nakes dari jajaran TNI, dan juga dukungan alkes dari banyak pihak, ini adalah bukti bahwa penanganan yang optimal membutuhkan strong partnership dari seluruh elemen dan seluruh lini,” pungkasnya.

Dengan keberhasilan RS Lapangan, ia berharap dapat menular ke RS Rujukan agar dapat lebih baik memberikan pelayanan sehingga angka kesembuhan terus meningkat.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

14 Aug 2020 09:17 WIB

Polisi Usut Video Porno Mantan Anggota DPRD Mimika

Kriminalitas

MM, mantan anggpta DPRD MImika itu melaporkan teman kencannya ke polisi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...