Timnas Indonesia U-19 Tumbang di Uji Coba Pertamanya

07 Sep 2019 18:29 Timnas

Timnas Indonesia U-19 tumbang 2-4 dari Iran dalam laga uji coba pertamanya yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu 7 September 2019. Sempat tampil solid di babak pertama, pertahanan Indonesia kedodoran di paruh kedua.

Dua gol Garuda Nusantara dicetak Fajar Fathur Rachman pada menit ke-47 dan Amiruddin Bagus Kahfi pada menit ke-87. Sementara empat gol Iran dicetak Yasin Salmani di menit ke-15 (P), Ali Sobhani (51'), Aria Barzegar (57'), dan Mahdi Hashemnezhad Rahimabadi (61').

Jalannya pertandingan babak pertama sebetulnya sempat didominasi Timnas Indonesia U-19. Bahkan dengan penuh kepercayaan diri, anak buah Fakhri Husaini lebih banyak melancarkan serangan.

Sayang, gencarnya serangan yang mereka lakukan membuat pertahanan mereka lengah. Hasilnya, justru yang mencuri gol lebih dulu melalui titik putih pada menit ke-14. Adalah pelanggaran yang dilakukan Rizky Ridho terhadap Ahmad Reza Jalali di kotak terlarang menyebabkan Indonesia dihukum oleh sang pengadil.

Yasin Salmani yang menjadi eksekutor berhasil menaklukan Risky Muhammad Sudirman, walau arah sepakannya mampu dibaca.

Tertinggal satu gol membuat Indonesia berusaha membalas. Timnas Indonesia U-19 mendapat sepak pojok pertama pada menit ke-17. Beckham Putra yang menjadi eksekutor mengirim umpan pada Braif Fatari yang masih bisa dihalau pemain belakang Iran.

Kokohnya barisan pertahanan Iran menyulitkan para pemain Indonesia untuk menciptakan peluang di dalam kotak penalti. Sampai akhirnya Muhammad Fajar Fathur Rachman berhasil melewati dua pemain belakang Iran pada menit ke-26. Sayang, sepakannya masih melenceng di sisi kiri gawang Iran.

Pada menit ke-30, giliran Iran yang mendapat peluang lewat Mahdi Mohammad Ahmadi, tapi sundulannya masih melenceng di sisi kanan gawang Indonesia. Pada menit ke-35, Beckham merebut bola dari pemain Iran dan mengirim umpan ke Supriadi. Supriadi dengan cepat merangksek ke sisi kanan pertahanan Iran. Namun, umpan silangnya bisa diputus pemain lawan. Pada menit ke-36, Supriadi terlihat dijatuhkan pemain belakang Iran di dalam kotak penalti.

Alih-alih mendapat penalti, Supriadi justru diganjar kartu kuning karena dianggap diving. Setelah itu, kedua tim saling bertukar serangan. Namun hingga babak pertama usai, keunggulan Iran 1-0 tak berubah.

Setelah turun minum, Indonesia mencoba menggebrak. Hanya dua menit paruh kedua berjalan, Timnas Indonesia U-19 berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 setelah Fajar Fathur Rachman sukses membobol gawang Iran.

Namun skor itu tak bertahan lama, karena empat menit kemudian Iran kembali unggul setelah melalui gol sundulan Ali Sobhani pada menit ke-51. Keunggulan Iran semakin lebar setelah sundulan lewat Aria Barzegar pada menit ke-57 menghujam ke gawang Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-19 kian tenggelam setelah Mahdi Hashemnezhad Rahimabadi mencetak gol keempat Iran empat menit kemudian. Skor berubah menjadi 4-1 untuk keunggulan tim tamu.

Indonesia sendiri baru bisa memperkecil ketertinggalan pada tiga menit menjelang waktu normal berakhir. Adalah Bagus Kahfi yang mencatatkan namanya di papan skor setelah lolos dari kawalan pemain belakang Iran. Setelah itu, tidak ada gol lagi yang tercipta di pertandingan ini.  

Usai laga tersebut, keduanya bakal kembali berduel dalam laga persahabatan kedua yang dilangsungkan di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu 11 September 2019.

Susunan pemain timnas U-19 Indonesia Vs Iran:

Indonesia: 22-Risky Muhammad Sudirman; 13-Bayu Mohamad Fiqri (2-Amiruddin Bagas Kaffa 49'), 23-Rizky Ridho Ramadhani, 19-Alfeandra Dewangga Santosa, 3-Mochamad Yudha Febrian, 14-Muhammad Fajar Fathur Rachman; 5-Theo Fillo Da Costa Numberi, 7-Beckham Putra Nugraha, 12-Braif Fatari (6-David Maulana 50'); 17-Saddam Emiruddin Gaffar.

Pelatih: Fakhri Husaini

Iran: 1-Amir Hussein Nikpour; 3-Ahmad Reza Jalali, 2-Mohammadreza Asgari, 19-Ali Sobhani (17-Ahmad Shariat Zadeh 37'), 11-Aria Barzegar (9-Seyed Reza Mousavian 70'); 4-Mohammad Hossein Zavvari, 8-Mohammad Reza Moharrami, 6-Yasin Salmani, 7-Mahdi Hashemnezhad Rahimabadi; 10-Alireza Asad Abadi, 14-Mahdi Mohammad Ahmadi

Pelatih: Seyed Akbar Pour Mousavi.