Kualifikasi PA U-16 2020Timnas Indonesia U-16 ke Putaran Final Piala Asia 2020

23 Sep 2019 00:19 Timnas

Timnas Indonesia U-16 memastikan diri melaju ke putaran final Piala Asia U-16 2020. Kepastian tersebut mereka peroleh setelah berhasil menahan imbang China 0-0 di laga terakhir Grup G, Minggu 22 September 2019.

Sukses ini membuat tim besutan Bima Sakti ini mencatatkan diri sebagai satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020.

Meski tak memetik kemenangan di laga ini, Marcelino Ferdinand dkk lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 lewat jalur runner-up terbaik.

Indonesia sebetulnya menjadi juara Grup G dengan mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan yang telah mereka jalani.

Namun poin Indonesia melawan tim juru kunci, Mariana Utara, tak dihitung karena di Grup G diisi lima tim, sementara grup lain hanya dihuni empat tim.

Maka itulah, Indonesia hanya tercatat mendapatkan 7 poin dan selisih gol +12 di tabel runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Nilai tersebut tak bisa dikejar oleh para pesaingnya yang menempati posisi runner-up di Grup A hingga K.

Satu-satunya tim yang bisa menggeser Indonesia adalah Qatar dan Yaman dari Grup E yang baru akan memainkan partai terakhir pada dini hari nanti.

Minimal, meskipun tergeser, Indonesia akan menduduki posisi kedua dari empat runner-up terbaik yang lolos ke Piala Asia U-16 2020.

Selain itu, Indonesia juga bisa menjadi satu-satunya wakil ASEAN di Piala Asia U-16 2020.

Saat ini dua tim asal Asia Tenggara, Vietnam dan Thailand, masih harap-harap cemas karena posisinya belum aman di tabel runner-up terbaik.

Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 6 poin dari tiga pertandingan, sehingga menduduki posisi ketiga dan keempat dalam tabel runner-up terbaik.

Mereka bisa tergusur andai Qatar dan Yaman menang serta masuk ke runner-up terbaik menggeser Indonesia di puncak.

Sebab, poin Qatar dan Yaman akan menjadi tujuh, mengungguli Vietnam dan Thailand yang hanya berpoin enam.

Di Grup C, Iran dan Afghanistan yang akan bersua pada pertandingan terakhir juga menentukan nasib Vietnam dan Thailand.

Jika pertandingan dimenangkan Afghanistan, Iran akan menjadi runner-up terbaik dengan poin 6 dari tiga pertandingan.

Namun Iran akan mengkudeta posisi di runner-up terbaik karena unggul selisih gol dari Vietnam dan Thailand.

 

Pun demikian di Grup D, menantang Arab Saudi dan Oman bermain imbang pada laga terakhir, pupus sudah harapan Vietnam dan Thailand tampil di Piala Asia.

Kyrgiztan juga bisa masuk ke runner-up terbaik, namun harus mendapat gol kemenangan di laga kontra Irak untuk menyaingi selisih gol Vietnam dan Thailand.

Sumber: Bolasport