Tim sepak bola Jatim (hijau) menang telak atas Kalsel 6-1. (Foto: Haris/ngopibareng.id)
Kualifikasi Pra-PON 2020

Tim Sepak Bola Jatim Hajar Kalsel 6-1

Liga Indonesia 06 December 2019 18:52 WIB

Tim sepak bola Jawa Timur berhasil meraih kemenangan besar saat menghadapi Kalimantan Selatan dalam kualifikasi Pra-PON XX, di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat 6 Desember 2019.

Namun sayang, di pertandingan ini Jawa Timur belum bisa clean sheet lantaran kecolongan satu gol jelang pertandingan bubar. Padahal, nyaris sepanjang pertandingan, Kalsel tak membahayakan gawang Jatim.

Jalannya Pertandingan didominasi Jawa Timur. Tampil atraktif, Jatim memaksa Kalsel keteteran sejak menit awal. Barisan belakang lawan pontang-panting menghadang pergerakan dinamis para pemain Jatim.

Tim asuhan Rudy Keeltjes pun mampu mencetak gol pada menit ke-8 lewat tandukan Maliki Prayitno. Lalu ia melesakkan gol keduanya pada kenit ke-38 untuk membawa Jatim unggul 2-0.

Unggul 2-0, Jatim tak mengendurkan tekanan. Gempuran bertubi-tubi yang dilancarkan para pemain Jatim kembali membuahkan hasil di menit ke-41 tendangan Rezky Renaldy kembali mengoyak gawang Kalsel ketiga kalinya. Skor 3-0 untuk tim besutan Rudy Keeltjes ini.

Di babak kedua, di menit ke-72, Muhammad Faisol menambah gol Jawa Timur. Skor pun berubah menjadi 4-0. Namun keunggulan dengan margin besar ini membuat pemain Jatim lengah, akibatnya Kalsel berhasil mencuri satu pada menit ke-82 lewat tendangan Salmani.

Gol itu membuat para pemain Kalsel semakin bersemangat untuk memperkecil ketertinggalan. Namun upaya mereka selalu kandas di kaki para pemain Jatim.

Para pemain Jatim tampaknya belum puas. Melalui skema permainan apik, mereka kembali mencetak gol di menit ke-81 dan 87' lewat tendangan Muhammad Faisol dan Wiga Brillian. Dua gol itu menggenapi kemenangan Jatim menjadi 6-1.

Pelatih tim Pra-PON Jawa Timur, Rudi Keetjles mengatakan, seharunya tim besutannya menang dengan skor lebih besar karena memiliki banyak peluang emas yang gagal dikonversi menjadi gol.

"Puji tuhan di pertandingan pertama ini kami berhasil, meskipun seharusnya kita bisa curi gol lebih banyak," kata Rudy usai pertandingan.

Situasi sebaliknya dirasakan pelatih Kalsel, Isnan Ali. Ia menyesalkan kekalahan telak timnya atas Jatim. Ia pun berjanji akan melakukan evaluasi agar tim bisa meraih hasil positif di pertandingan berikutnya.

"Tentu sangat menyayangkan, tapi namanya pertandingan ada kalah dan menang. Kami akan evaluasi agar bisa menang lawan DIY," ujar mantan pemain Barito Putera dan Persib Bandung ini.

Dari hasil pertandingan Pra Kualifikasi PON Papua XX 2020 ini, Jawa Timur memimpin Grup 2 dengan 3 poin.

Penulis : Haris Dwi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 00:59 WIB

Karakter Duke Caboom di Toy Story 4 Dituding Menjiplak

Film

Karakter Duke Caboom di Toy Story 4 dituding menjiplak stuntman.

25 Sep 2020 00:45 WIB

Pedangdut Iyeth Bustami Nomor Urut 1 Pilkada Bengkalis

Pilkada

Pedangdut Iyeth Bustami ikut Pilkada Bengkalis 2020.

25 Sep 2020 00:30 WIB

343 Kasus Baru Corona di Jawa Timur

Jawa Timur

Kasus baru corona di Jawa Timur bertambah 343, pasien sembuh 431.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...