KEGIATAN arung jeram (rafting) di Kali Pekalen, Kabupaten Probolinggo. (Foto: Ikhsan/ngopibareng.id)

Tim Rafting Probolinggo Berlaga di Kejuaraan Internasional

Jawa Timur 02 November 2019 21:23 WIB

Tim arung jeram (rafting) dari Kabupaten Probolinggo bakal berlaga di kejuaraan internasional, R4 Silokek Geopark Rafting World Cup (SGRWC), 10-14 November 2019 mendatang.

Hal itu setelah Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Jawa Timur (Jatim) memilih tim yang biasa berarung jeram di Kali Pekalen, Kabupaten Probolinggo itu mewakili Jatim di lomba tingkat dunia itu.

“Kami menargetkan, tim arung jeram dari Kabupaten Probolinggo yang mewakili Jatim bisa masuk tiga besa di nomor open men atau terbuka pria,” kata Ketua Pengprov FAJI Jawa Timur, Imam Santoso, Sabtu, 2 November 2019.

Dikatakan kejuaran dunia arung jeram bakal digelar di Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat (Sumbar). Tim dari Probolinggo beranggota, Mattari, 37 tahun; Rudianto, 31 tahun; Herin Winarto, 33 tahun; dan Moh. Hasan, 39 tahun.

Dengan pengalaman matang menaklukkan bantingan jeram di Kali Pekalen, Kabupaten Probolinggo mereka diharapkan bisa bersaing dengan atlet arung jeram dari dalam dan luar negeri. “Kami melihat tim arung jeram Probolinggo sudah siap berlaga di even internasional,” kata Imam.

Bahkan Imam menambahkan, tim arung jeram Probolinggo memang kuat di nomor terbuka pria. Indikasinya, saat mengikuti ajang eksibisi PON di Jawa Barat, beberapa waktu lalu, tim dari Probolinggo ini meraih tiga emas, dua perak, dan tiga perunggu.

Dengan pertimbangan memenangi ajang eksibisi PON di Jabar itu, mereka dipilih mewakili Jatim ke tingkat internasional. “Saingan terberat dari luar negeri adalah tim Jepang dan Ceko. Mereka memiliki speed dan power luar biasa,” kata Imam.

Smeentara itu Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Tatok Krismarhento mengatakan, semoga atlet arung jeram Probolinggo membawa pulang medali.

“Mereka menjadi pemenang di ajang internasional tersebut dan membawa pulang medali, itu harapan kami,” katanya. Hal itu akan menjadi pemicu bagi anak-anak muda di Kabupaten Probolinggo untuk menekuni olahraga ekstrem itu.

Totok pun mengklaim, Kabupaten Probolinggo memiliki Kali Pekalen yang potensinya terbaik di Indonesia untuk arung jeram. “Tidak sebatas wisata ekstrem, mudah-mudahan Kali Pekalen menghasilkan atlet arung jeram berprestasi,” katanya. (isa)

Penulis : Ikhsan Mahmudi

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Aug 2020 08:55 WIB

Kerja di Surabaya, Satu Warga Madiun Terpapar Covid-19

Jawa Timur

Terpapar Covid-19 dari rekannya asal Ponorogo yang juga kerja di Surabaya.

06 Aug 2020 20:24 WIB

Mesum di Taman, Guru TK Digerebek Satpol PP

Jawa Timur

Kasus mesum ini terkuak atas laporan warga.

05 Aug 2020 20:43 WIB

Belajar Daring, Siswa Manfaatkan Wifi 29 KIM Probolinggo

Pendidikan

Diskominfo Kota Probolinggo menyediakan wifi di 29 lokasi KIM.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...