Tim Jibom Ledakkan 74 Bom Teroris

16 May 2018 20:10 Nasional
Ngopibareng.id |

Kembali, tim penjinak bom Satuan Brimob Polda Jatim memusnahkan barang bukti hasil pengungkapan terduga teroris di Jawa Timur. Pemusnahan radioaktif (disposal) dilakukan, Rabu, 16 Mei 2018 di Pusat Pendidikan Brimob, Watu Kosek Mojokerto.

Dalam rilis Kabid Humas Polda Jatim menyebut bom yang akan didisposal berjumlah 74 bom yang terdiri 31 buah bomb pipa dan 43 bom cangkir. Di samping itu tim penjinak bom juga memusnahkan 2 kg bahan peledak yang sudah jadi, dan 5 kg belerang, serta 5 kg arang (corcoal).

Jenis bom yang akan dimusnahkan di Watukosek, Mojokerto.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan dalam disposal tersebut unit penjinak bom melaksanakan 5 peledakan. Lima ledakan disposal bomb pipa dengan jumlah 31 bomb pipa dan 43 bomb cangkir di ledakan dengan sumbu ledak 6 meter dan 6 detonator. 

"Kegiatan disposal tadi berakhir sekitar pukul lima lebih. Semua barang bukti telah didisposal dengan sempurna,"katanya. 

Bom pipa milik terduga teroris yang berhasil dimusnahkan tim jibom.

Kegiatan pemusnahan barang bukti pengungkapan kasus teroris di Surabaya dan Sidoarjo serta beberapa tempat lain di Jawa Timur ini juga atas koordinasi Kapusdik brimob watukosek Kombes Pol Eko Nugrohadi dan ditutup oleh Waka Pusdik Brimob Watukosek AKBP Erick Sully. 

Ada 11 personel yang dilibatkan dalam disposal tersebut. Sebelum dilakukan disposal tim jibom melaksanakan sample peledakan bom pipa dan bom gelas dengan inisiator detonator untuk mengetahui fregmentasi dari ledakan. Setelah selesai uji sample, tim jibom kemudian memusnahkan semua barang bukti itu. (hrs)