Tiket Pesawat Mahal, Mudik Kapal Laut ke Surabaya naik 70 Persen

29 May 2019 20:43 Mudik

Jumlah penumpang kapal yang hendak mudik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah rute Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya meningkat hingga 70 persen dari 520 menjadi 780 penumpang.

Kepala PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin, Jamarin, di Tanah Bumbu, Rabu, mengatakan peningkatan calon penumpang terlihat dari jumlah tiket yang sudah terjual. Dan rencananya calon penumpang tersebut akan diberangkatkan menggunakan KM Kirana IX sekitar pukul 14.00 Wita.

"Kami akan menghadiri pelayaran kapal tujuan Batulicin-Surabaya pada 3 Juni sedangkan tujuan Batulicin -Makassar yang dilayani dengan Kapal Dharma Fery III akan mengakhiri pelayaran pada 1 Juni 2019," kata Jamarin.

Dia mengatakan, pihak manajemen akan menutup pelayanan pembelian tiket calon penumpang dengan tujuan tersebut pada H-1 menjelang keberangkatan kapal yang sudah dijadwalkan. Oleh sebab itu agar calon penumpang jauh-jauh hari segera melakukan pemesanan tiket.

Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang, PT DLU Batilicin akan menerapkan tarif progresif mulai 30 Maret - 3 Juni sekitar 10-15 persen dari harga normal.

Khusus untuk angkutan Lebaran 2019 PT DLU Cabang Batulicin juga mendapatkan dispensasi tambahan penumpang dari Direktur Jendral Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) sekitar 20 persen dari kapasitas kapal yang akan dioperasikan.

Dengan adanya penambahan kapasitas penumpang tersebut maka PT DLU juga memberikan fasilitasi dengan menambahkan jumlah porsi makanan sesuai dengan jumlah penumpang yang akan diberangkatkan.

"Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada calon penumpang kapal, kami akan menjual tiket sesuai dengan jumlah kapasitas tempat tidur untuk menghindari desak desakan penumpang selama kapal berlayar," katanya. (ant)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini