Tiga Ribu Personel Siap Amankan Aksi Buruh di Surabaya Besok

01 Oct 2019 19:53 Jawa Timur

Polda Jawa Timur telah mengkonfirmasi akan ada aksi ribuan buruh di depan gedung DPRD Jawa Timur pada Rabu 2 Oktober 2019 besok. Pihak kepolisian pun sudah menyampaikan akan ada sekitar lima ribu lebih buruh dari berbagai kota datang ke Surabaya.

Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan antisipasi terkait pengamanan aksi buruh tersebut. Ia telah menyiapkan tiga ribu personel gabungan yang akan mengawal kegiatan unjuk rasa.

"Kita estimasikan kekuatan kita (Polri) bersama TNI, akan ada sekitar tiga ribu personel siap amankan aksi besar-besaran buruh besok," kata Toni, Selasa 1 Oktober 2019.

Pengamanan aksi akan ada dua titik, yakni di depan Gedung DPRD Jatim, dan Kantor Gubernur Jatim. Meski ada dua titik, pihaknya telah memastikan keamanan situasi terjamin.

"Besok konsentrasi pengamanan terkait kegiatan buruh ada di dua titik. Pasukan kami siap amankan pertandingan besok," lanjut Toni.

Selain itu, lanjut Toni, Polda Jatim menyiapkan ribuan personel pasukan Asmaul Husna untuk mendinginkan suasana pendoma. Hal ini juga dilakukan seperti aksi Mahasiswa pada 26 September lalu.

"Tentu, kami juga siapkan pasukan Asmaul Husna, sama seperti aksi mahasiswa kemarin," ujar Toni.

Sebelumnya terkait adanya aksi dari buruh ini, pertandingan Persebaya melawan Borneo FC resmi dibatalkan. Hal ini terkait situasi keamanan yang bersamaan dengan aksi demo buruh.

Penulis : Haris Dwi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini