Kapolda Jatim, Irjen Pol. Luki Hermawan, saat memantau penutupan Jalan Darmo (Andhi Dwi/Ngopibareng)
Kapolda Jatim, Irjen Pol. Luki Hermawan, saat memantau penutupan Jalan Darmo (Andhi Dwi/Ngopibareng)

Polda Uji Coba Kawasan Physical Distancing di Tiga Perumahan Ini

Ngopibareng.id Jawa Timur 27 March 2020 22:25 WIB

Polda Jawa Timur mulai menerapkan uji coba penerapan kawasan physical distancing di tiga perumahan, yaitu Pakuwon, Grand City, dan Citraland, pada Jumat 27 Maret 2020. Berikutnya, kepolisian juga akan menerapkan jalur physical distancing di jalan raya, di mana kawasan tersebut akan steril dari kendaraan pada jam-jam tertentu. Upaya itu dilakukan untuk memerangi potensi penularan covid-19.

“Kita awali uji coba kawasan physical distancing di perumahan. Kami kerja sama dengan pengelola perumahan, RT, RW, untuk memberdayakan seluruh penghuni untuk betul-betul mentaati anjuran dari pemerintah,” kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, usai meninjau uji coba penerapan physical distancing, Jumat 27 Maret 2020.   

Penerapan physical distancing seperti memasang portal yang membatasi orang luar memasuki perumahan, serta sejumlah petugas yang akan memeriksa pengunjung yang masuk. "Kami pasang portal di sini untuk orang luar yang akan masuk akan diperiksa aparat setempat, security, koramil, polsek ini akan membantu aparat setempat," tegasnya.

Selain uji coba kawasan physical distancing, berikutnya kepolisian juga berencana menerapkan jalur physical distancing yang steril dari kendaraan. Luki merencanakan uji coba jalur physical distancing akan dilakukan pada Jumat, 27 Maret 2020 malam. Jalur steril akan diterapkan selama empat hingga lima jam pada malam hari.

Sedangakan pada siang hari, polisi akan mengetatkan pengawasan pada jalur physical distancing tersebut, sambil mengikuti perkembangan pandemic covid-19. “Buat jalur physical distancing seperti car free day waktu Minggu. Siang kita atur dengan melakukan pengetatan, kita coba tertib,’ lanjutnya.

Luki berharap dengan diterapkannya physical distancing, bisa menghambat penularan virus Corona atau Covid-19 di Jawa Timur. "Insyaallah penyakit yang ada di Jatim ini hilang," harap Luki.

Saat ini, pihak kepolisian yang dibantu oleh Pemerintah Provinsi, telah menutup Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. Hal tersebut berlaku mulai Jumat, 27 Maret hingga Minggu 29 Maret 2020, pukul 14.00 WIB.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 14:25 WIB

Spider-Man 3: No Way Home, Rilis Desember 2021

Film

Spider-Man 3: No Way Home masih dibintangi Tom Holland.

25 Feb 2021 14:11 WIB

Barcelona Ciptakan Rekor Brutal 36-0 Melawan El Che

Liga Spanyol

Elche selalu menjadi lumbung gol Barca dalam 12 pertemuan terakhir

25 Feb 2021 13:58 WIB

Vaksinasi Bagi Wartawan Dimulai, Presiden: Bentuk Perlindungan

Nasional

Presiden tinjau pelaksanaan vaksinasi massal awak media.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...