Masji Agung Kota Blitar. (Foto: Istimewa)

Tiga Orang Dihisab Ringan dan Masuk Surga, Ini Pesan Nabi

Khazanah 25 July 2020 06:34 WIB

Rasulullah berpesan, ada tiga orang yang dihisab ringan dan masuk surga:

- Memberi orang yang tidak memberimu,
- Menyambung kepada orang yang memutus persahabatan atau kekerabatan denganmu, dan
- Memaafkan orang yang menganiaya.

Menjadi orang baik. Ini gambaran tentang insan kamil, yang mampu memenuhi kriteria manusia yang baik.

Berlian berkata pada tanah, "Hai tanah, coba lihat pada dirimu, suram dan lemah, apakah engkau memiliki cahaya berkilau seperti aku ?

Apakah engkau berharga seperti aku ? ”

Tanah menggelengkan kepala dan menjawab, “ Tetapi aku bisa menumbuhkan berbagai macam tanaman, bunga, buah, bisa menyimpan air dan banyak memberi manfa'at yang lainnya, apakah kamu bisa.? ”

Berlian pun terdiam seribu bahasa.

Dalam hidup ini banyak orang yang seperti berlian, berharga, menyilaukan tetapi tidak bermanfa'at bagi sesama.

Sukses dalam karir, kaya raya, berparas rupawan, tetapi egois, pelit, tidak mau membantu orang lain, dan tidak peduli kepada orang lain.

Tetapi ada juga orang yang tampak sederhana dan biasa saja, posisinya biasa saja, bersahaja namun ringan tangan siap membantu orang lain secara ikhlas tanpa pamrih kapan pun dibutuhkan.

Makna dari kehidupan bukan terletak pada seberapa bernilainya diri kita, tetapi seberapa besar bermanfa'atnya kita bagi orang lain.

Jika keberadaan kita bisa memberi manfa'at dan menjadi berkah bagi banyak orang, barulah kita benar-benar bernilai dan tergolong manusia yang baik.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ حَاسَبَهُ اللهُ حِسَابًا يَسِيْرًا، وَأَدْخَلَهُ الْجَنَّةَ بِرَحْمَتِهِ، قَالُوا: مَا هُنَّ يَا نَبِيَّ اللهِ، بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي؟ قَالَ تُعْطِي مَنْ حَرَمَكَ، وَتَصِلُ مَنْ قَطَعَكَ، وَتَعْفُوْ عَنْ مَنْ ظَلَمَكَ، قَالَ: فَإِذَا فَعَلْتُ هَذَا فَمَا لِي يَا نَبِيَّ اللهِ ؟ قَالَ:يُدْخِلُكَ اللهُ الْجَنَّةَ

Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda :
"Barang siapa yang mengerjakan tiga perkara ini, maka akan dihisab Allah dengan hisab yang ringan, dimasukkan surga dengan rahmat Allah. Para Sahabat bertanya : Apa saja tiga perkata itu ya Nabi Allah, engkau adalah ayah dan ibuku? Beliau menjawab : Kamu memberi orang yang tidak memberimu, kamu menyambung kepada orang yang memutus persahabatan atau kekerabatan denganmu, kamu memaafkan orang yang menganiaya kamu. ia bertanya : Bila aku mengerjakan ini, maka apa bagianku ya Nabi Allah ? Beliau menjaawab : Allah akan memasukkan kamu ke surga."

(HR. Thabrani no . 1279, Hakim no . 3873 )

"Semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu bertakwa kepada Allah, berakhlak mulia, dan menjadi penghuni surga nan indah. Amin," pesan Ustadz Keman Almaarif, Jombang.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...