Kaum Muslimah ketika berjamaah dalam salat. (Foto: Istiemwa)

Tiga Macam Orang yang Tak Dipandang Allah pada Hari Kiamat

Khazanah 08 July 2020 03:11 WIB

Meraih surga jannatun naim, adalah idaman bagi setiap Muslim dan Mukmin. Karena itu, menjalankan setiap perintah Allah Swt dan menjauhi setiap larangan-Nya, menjadi bagian penting bagi setiap manusia bertakwa.

Ada pesan-pesan penting dari Rasulullah Muhammad Shallahu alaihi wasallam, tentang pentingnya meningkatkan ketakwaan dan menambah-nambahi amal shalih.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ وَمُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْمَنَّانُ بِمَا أَعْطَى

Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah Saw. bersabda :
"Tiga macam orang, Allah tidak mau memandang kepada mereka di hari kiamat, yaitu orang yang menyakiti kedua orang tuanya, orang yang gemar minum khamr (minuman keras), dan orang yang suka menyebut-nyebut apa yang telah diberikannya."
(HR. Baihaqi no . 17805, Ibnu Hibban no . 7340 dan lainnya)

Adzab dari Allah Mengenai Siapa Saja

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَنْزَلَ اللهُ بِقَوْمٍ عَذَابًا، أَصَابَ الْعَذَابُ مَنْ كَانَ فِيْهِمْ ، ثُمَّ بُعِثُوْا عَلَى أَعْمَالِهِمْ

Dari Ibnu Umar ra. mengatakan, Rasulullah Saw. bersabda :
"Jika Allah menurunkan adzab, maka adzab itu akan mengenai siapa saja yang berada ditengah-tengah mereka, lantas mereka dihisab sesuai amalan mereka."
(HR. Bukhari no . 7107)

Setan Menggoda Orang Salat

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَامَ يُصَلِّى جَاءَ الشَّيْطَانُ فَلَبَسَ عَلَيْهِ حَتَّى لاَ يَدْرِىَ كَمْ صَلَّى، فَإِذَا وَجَدَ ذَلِكَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda :
"Sesungguhnya bila seseorang dari kalian berdiri mengerjakan shalat, setan akan datang menghampirinya (untuk menggodanya) sehingga tidak menyadari berapa roka'at sholat yang sudah dia laksanakan. Oleh karena itu bila seorang dari kalian mengalami peristiwa itu hendaklah dia melakukan sujud dua kali dalam posisi duduk. "
(HR. Bukhari no .1232 dan Muslim no. 1293 )

"Semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu bertakwa, selamat dari adzab Allah, selamat di dunia dan selamat di akhirat. Amin." Demikian pesan Ustadz Keman Almaarif dari Jombang.

Wallahu a'lam.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Aug 2020 17:09 WIB

Update Corona Indonesia: Tambah 1.679 Total 113.134 Kasus Positif

Nasional

Kasus positif corona di Indonesia bertambah 1.679 orang.

03 Aug 2020 16:56 WIB

Unggah Foto Seperti Beyonce, Warganet: Adele Kamu Juga Ratu

Musik

Penyanyi Adele meniru penyanyi idolanya dengan unggah foto seperti Beyonce.

03 Aug 2020 16:45 WIB

Viral, Pria Belai Kaki Cewek Saat Lampu Merah

Hiburan

seorang pria grepe kaki perempuan yang diboncengnya

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...