Tiga Keunggulan Ini Harus Dimiliki Seorang Muslim

08 Jun 2019 02:39 Khazanah

Nabi Muhammad saw berpesan, setiap Muslim harus memiliki keungggulan. Ada tiga keunggulan yang harus dimiliki setiap Muslim yaitu keunggulan secara ritual, secara moral dan secara social.

Keunggulan secara ritual bermakna, setiap Muslim bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah SWT. Targetnya adalah menjadikan kita menjadi ahli ibadah menurut tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Unggul secara moral, Jumari menitik beratkan kepada lisan seorang Muslim. Karena kemampuan manjaga lisan menjadi penentu berhasil atau gagalnya seseorang menjadi manusia yang baik, meskipun dia ahli dalam ibadah.

Keunggulan yang terakhir adalah secara sosial. Dalam hal ini Jumari menyampaikan setiap Muslim haru qanaah, artinya merasa cukup dengan pemberian Allah SWT. Seorang muslim harus mampu memanajemen qolbunya agar tidak memiliki sifat dengki, atau silau atas rezeki orang lain. Keunggulan secara sosial juga diwujudkan rela berkorban untuk kepentingan sesama Muslim. Itulah ringkasan khutbah yang disampaikan Jumari.

Demikian diungkapkan Jumari, aktivis Muhammadiyah di Magelang, di hadapan ribuan jamaah Sholat Idul Fitri 1440 H padati lapangan Pemda Muntilan Kab. Magelang.

Sebanyak 10 Cabang Muhammadiyah di Kabupaten Magelang menggelar sholat Idul Fitri dengan total 38 titik. Untuk Cabang Muntilan sendiri terdapat 13 lokasi tempat diadakannya sholat Idlu Futri. (adi)

"Seorang muslim harus mampu memanajemen qolbunya agar tidak memiliki sifat dengki, atau silau atas rezeki orang lain. Keunggulan secara sosial juga diwujudkan rela berkorban untuk kepentingan sesama Muslim. Itulah ringkasan khutbah yang disampaikan Jumari."
Penulis : Riadi


Bagikan artikel ini