Tiga Juta Unit Mercedes-Benz Diesel Ditarik dari Peredaran

19 Jul 2017 14:18 ngopiPRODUK

Berlin: Produsen mobil mewah Jerman Daimler yang memperoduksi Mercedes Benz sedang diinvestigasi atas dugaan rekayasa emisi. Selasa (18/7) kemarin resmi Daimler mengumumkan penarikan secara sukarela lebih dari tiga juta kendaraan mesin diesel Mercedes-Benz di Eropa.

Mereka mengatakan sebelumnya sudah diluncurkan aksi layanan untuk model lain dan, “untuk meningkatkan emisi model seri tambahan secara efektif, Daimler saat ini memutuskan untuk memperpanjang layanan itu dengan mencakup lebih dari tiga juta kendaraan Mercedes-Benz.”

Perusahaan yang berbasis di Stuttgart tersebut mengatakan bahwa aksi itu akan membuat perusahaan harus mengeluarkan biaya sekitar 220 juta euro (sekitar Rp3,38 triliun) dan memberikan bebas biaya kepada pelanggan.

“Dengan cara ini, Daimler memberikan kontribusi besar terhadap pengurangan emisi nitrogen oksida dari kendaraan mesin diesel di kota-kota Eropa,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Sepekan sebelumnya, media Jerman melaporkan bahwa Daimler memanipulasi mesin pada sekitar satu juta kendaraan bertenaga diesel, untuk membuatnya terlihat lebih ramah lingkungan, menambah skandal ‘dieselgate’ yang sebelumnya menimpa pesaing mereka Volkswagen. (afp/ant) 

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini