Tienuk Riefki Wafat, Perias Pengantin Keluarga Presiden dan Artis

16 Sep 2019 16:04 Tokoh

Perias pengantin, Tienuk Riefki, meninggal dunia pada Sabtu, 15 September 2019 dini hari. Kabar kepergian Tienuk Riefki dibenaran oleh adiknya, Dewi Meitasari.

Tienuk Riefki mengalami infeksi di paru-paru masuk rumah sakit pada Selasa, 10 September 2019.

Kepiawaian Tienuk Riefki dalam memulas riasan pada wajah pengantin tidak perlu diragukan lagi. Wanita kelahiran Jogjakarta ini pernah dipercaya menangani riasan pengantin mulai keluarga Cendana, SBY, Keraton hingga selebritas Tanah Air.

Tienuk Riefki pernah dipercaya keluarga Presiden ke-2 RI, Soeharto untuk menjadi perias. Salah satunya adalah menjadi perias pengantin putri bungsu Pak Harto yaitu Mamiek Soeharto.

Keluarga Cendana yang terakhir didandani adalah putra bungsu Bambang Trihadmodjo, Aditya Trihatmanto saat menikah dengan Kezia Toemion pada Maret 2019 di kawasan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat.

Mendiang Tienuk Riefki pun membagikan foto dirinya dengan cucu Presiden Soeharto dan istrinya lewat Instagram @tienukriefi. Ibu Tienuk, sapaan akrabnya merias Kezia dengan paes Solo Putri.

Tienuk Riefki berpose setelah mendandani pengantin Aditya Trihatmodjo anak Bambang Trihatmodjo Bambang Soeharto dan istrinya Kezia Toemion Foto Instagram tienukriefki
Tienuk Riefki berpose setelah mendandani pengantin Aditya Trihatmodjo, anak Bambang Trihatmodjo (Bambang Soeharto), dan istrinya Kezia Toemion. (Foto: Instagram @tienukriefki)

Tienuk Riefki juga jadi perias dua menantu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), saat keduanya menikah.

Tienuk Riefki dipercaya untuk menangani riasan pengantin Annisa Pohan, istri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Siti Ruby Aliya Rajasa atau lebih dikenal dengan Aliya Rajasa adalah menantu kedua Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Berdasarkan tradisi keluarga, Aliya juga dirias oleh Tienuk Riefki pada pernikahannya dengan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas atau EBY).

Tienuk Riefki juga menjadi perias kepercayaan Keluarga Keraton Jogjakarta. Kiprahnya dimulai pada 1983 saat merias untuk pernikahan Gusti Joyokusumo dengan Gusti Prabukusumo.

Ia jadi perias pengantin dari 10 anak Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan empat putra-putri Sri Sultan Hamengkubuwono X. Jadi total 14 kali Tienuk Riefki melayani di Keraton Jogjakarta.

Selain langganan keluarga Presiden dan pejabat, Tienuk Riefki juga kerap mendandani para artis, beberapa di antaranya adalah Dian Sastrowardoyo, Wulan Guritno dan Chacha Frederica.

Tak heran jika kabar meninggalnya Tienuk Riefki ikut disebarkan oleh Wulan Guritno dalam Instagram Story-nya. Dalam unggahan tersebut, ibu tiga anak itu mengungkapkan bahwa dirinya pernah dirias oleh Tienuk Riefki.

"Yang dandanin aku pas kawin ibuuu @tienukriefki innalilahi wainnailaihi rojiun.. rest in love and peace ibu," tulis Wulan Guritno.

Ketika menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo pada 2010 silam, Dian Sastrowardoyo juga mempercayai Tienuk Riefki sebagai wanita yang akan memulas riasan pengantin di wajahnya.

Begitu juga dengan artis Chacha Frederica. Saat ia menikah dengan Dico Ganinduto pada 2015 silam, mengusung tema pernikahan adat Jawa.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini