Tidak Terpengaruh Kampanye Akbar, Kartini Run 2019 Lancar

07 Apr 2019 15:20 Nasional

Pelaksanaan Kartini Run 2019 di Silang Monas bersamaan dengan Kampanye Akbar Prabowo-Sandiaga Uno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu 7 April 2019. 

Kartini Run merupakan ajang olahraga yang diinisiasi oleh Yayasan Kemala Bhayangkara milik organisasi istri anggota Polri, menyambut perayaan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April mendatang. 

Yayasan Kemala Bhayangkari bekerja sama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) dan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi).

Kartini Run 2019 diikuti oleh sekitar 12 ribu peserta dengan kategori lari 10 K, 5 K, fun walk, kids dash, hingga difabel. Ribuan peserta itu dilepas langsung oleh ibu negara Iriana Jokowi dengan didampingi Mufidah Yusuf Kalla bersama para Istri menteri yang tergabung dalam OASE-KK.

Rute Kartini Run 2019 start dari Kawasan Silang Barat Daya Monas melintas Jalan Medan Merdeka Selatan, kemudian Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Gajah Mada, putar balik ke Jalan Hayam Wuruk dan menuju garis finish melalui Jalan Silang Barat Laut Monas.

Di akhir perlombaan, Iriana Jokowi dan Mufida Yusuf Kalla memberikan medali untuk juara kategori difabel dan anak-anak. Selanjutnya rombongan menuju Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Kementerian Pertahanan (Kemhan) dengan menggunakan mobil kereta wisata Monas untuk melakukan senam bersama.

Acara ini berjalan lancar, tidak terpengaruh dengan kampanye akbar Prabowo-Sandi. Ketua Umum Bhayangkari Tri Suswati Tito Karnavian menghormati imbauan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang meminta acara Kartini Run 2019 ditunda. Namun imbauan itu tidak bisa dipenuhi lantaran persiapan kegiatan sudah sangat matang.

"Ya itu kan imbauan, kita bisa yakinkan bahwa pengamanan, segala macam. Dan buktinya sekarang tidak apa-apa, bahkan yang hadirpun ibu negara dan ibu Gubernur DKI Anies Baswedan. Jadi ini kumpulan para perempuan yang ingin hidup sehat dengan olahraga, tidak ada yang lain," kata Tri menegaskan. (asm)

Reporter/Penulis : Asmanu Sudharso
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini