Habib Rizieq tiba di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. (Foto: Asmanu/Ngopibareng..id)
Habib Rizieq tiba di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat. (Foto: Asmanu/Ngopibareng..id)

Tiba di Petamburan, Habib Rizieq Ajak Umat Islam Bersatu

Ngopibareng.id Nasional 10 November 2020 15:13 WIB

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq tiba di kediamannya daerah Petamburan, Jakarta Pusat. Sepanjang jalan Rizieq dielu-elukan pendukungnya sambil bertakbir.

Perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng - Petamburan, Tanah Abang biasanya bisa ditempuh 1,5 jam. Tapi, akibat melimpahnya penjemput untuk sampai di kediaman Rizeq yang menjadi markas FPI harus ditempuh berjam-jam lamanya.

Jalan menuju Tanah Abang melalui Jl Petamburan tertutup oleh kandaraan penjemput yang datang dari luar kota. Ditambah lagi ribuan massa FPI yang menunggu di Petamburan sejak Senin 9 November 2020. Untuk menuju rumahnya di Petamburan III Habib Rizieq harus jalan kaki.

Habib Rizieq bersyukur bisa pulang bersama keluarga ke Tanah Air. "Saya tahu ada yang tidak suka dan ingin menghalang-halangi kepulangan saya. Tapi kehendak Allah tak bisa mereka kalahkan. Takbir!," Rizieq.

Petinggi FPI mengajak seluruh umat Islam bersatu menghadapi musuh Islam dan bersama-sama menegakkan amar makruf nahi mungkar. Rizieq berpesan kepada pendukungnya agar kembali ke daerah masing-masing dengan tertib, jangan membuat keributan di jalan.

Kepadatan massa penjemput Habib Rizieq Syihab sebelumnya membuat kemacetan hingga penundaan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Diberitakan sebelumnya, kerumunan massa pendukung telah memenuhi kawasan Bandara Soetta sejak pagi tadi. Bahkan, banyaknya simpatisan Habib Rizieq yang datang untuk menjemput sang imam besar membuat kemacetan panjang terjadi di jalan akses Tol Sedyatmo akses Bandara Soetta sejak Subuh hingga menjelang ketibaan HRS.

Untuk mempercepat mobilisasi angkutan penumpang pesawat, polisi pun melakukan contraflow selepas GT Cengkareng 2.

Kementerian Perhubungan pun sempat menyatakan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan diatur ulang imbas dari kemacetan yang terjadi. Semua penerbangan di bandara tersebut hari ini akan delay hingga 4 jam.

PT Angkasa Pura II memastikan penumpang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang penerbangannya terkendala bisa mengatur ulang jadwal keberangkatan.

Ada 4 maskapai yang melakukan Reschedule penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta. PT Angkasa Pura II sudah berkoordinasi dengan maskapai yang memiliki jadwal penerbangan di Terminal 3.

Para penumpang, bisa langsung menghubungi maskapai masing-masing untuk meminta perubahan jadwal penerbangan tanpa dikenakan biaya.

Merespons kejadian ini, Ketua DPP PKB Daniel Johan sudah memprediksi keramaian seperti ini akan terjadi saat Rizieq tiba di Indonesia.

"Kalau saya pribadi sudah memprediksi akan seperti ini, kan bukan pertama kali mereka turun," kata Daniel kepada wartawan, Selasa, 10 November 2020.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini menilai massa yang rela datang berbondong-bondong menjemput ke Bandara Soetta mewujudkan bentuk kerinduan terhadap Rizieq. Karena itu, kerinduan tersebut membuat pertimbangan aspek kesehatan menjadi kurang penting.

"Tapi nasi sudah jadi bubur, yang penting tertib dan saling menjaga keselamatan selama penjemputan. Masukan dan imbauan untuk menghindari kerumunan demi kebaikan semua peserta dan masyarakat kan sudah diberikan selama ini," kata Daniel.

Daniel menyayangkan kerumunan akibat massa pendukung yang memenuhi kawasan Bandara Soetta. Ia menilai kerumunan itu berpotensi membuat klaster Covid-19. Dia juga menyayangkan dampak kerumunan terhadap calon penumpang pesawat lainnya.

"Kita menyayangkan kerumunan ini, selain potensi memunculkan klaster, juga berdampak pada masyarakat lainnya seperti pengguna bandara dan delay-nya pesawat," ujarnya.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 11:26 WIB

Tertimpa Tangga

Dahlan Iskan

Nasib keluarga Trump seperti sudah jatuh ketimpa tangga. Piye tho?

25 Jan 2021 10:05 WIB

Terima Kasih, Tom Dumoulin!

Gowes Bareng

Team Jumbo-Visma mengumumkan Tom Dumoulin menjadi pemimpin tim ini.

25 Jan 2021 09:30 WIB

Petirtaan Sumber Beji Sungguh Istimewa

Jejak Peradaban

Sistem saluran air di pentirtaan ini menggunakan sistem penyaringan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...