The Grinch Burger, Burger Jumbo Pedasnya Bukan main

08 Feb 2019 18:30 Kuliner

Suka burger? Anda pecinta burger? Ada tantangan burger pedas kalau Anda suka. Namanya The Grinch Burger. 

Burger yang satu ini berbeda dengan burger umumnya. Apanya yang berbeda sih? Ukurannya. Tampilannya. The Grinch Burger berukuran jumbo. Jangan terkejut ya, diameternya 25 sentimeter. Wow... ini andalan baru Hotel Swiss-Belinn, Manyar, Surabaya. 

Menurut Fahriana, chef de partie Swiss-Bellinn, burger jumbo ini berwarna hijau. Munculnya burger ini terinspirasi dari karakter utama film The Grinch. 

"Burger ini semua bahannya memiliki unsur pedas. Kenapa pedas? Salah satu alasannya karena melihat minat warga Surabaya yang sangat suka dengan makanan pedas," ujar Fahriana.

Sepedas apa burger jumbo ini? Kata Fahriana, "Pokoknya semua pedas, hahahaha."

Setiap gigitannya bercitarasa pedas. Selain pedas ada segarnya. Sensasi segar didapat dari sayuran yang berada dalam lipatan si jumbo. Lalu, hem... ditopang dengan sedapnya roti dan lezatnya patty: 

Patty? Siapa patty? Ups, patty itu daging burger.

"Dari mulai roti, patty, telur semuanya pedas, ditambah tomat, selada, keju dan bawang bombay. Jadi satu perpaduan pedas dan sehat dari sayurnya," kata Fahriana.

Burger ini memiliki berat lebih dari 1,5 kilogram. Untuk membuat burger jumbo ini dibutuhkan tepung 800 gram. Itu hanya untuk membuat adonan rotinya. Juga dibutuhkan telur, pewarna makanan, margarin serta chili powder.

"Cara membuat rotinya sama dengan membuat adonan biasa. Semua bahan diaduk kemudian dicampur air, setelah itu tambahkan pengembang kue dan diaduk kembali. Selesai? Belum," katanya

Setelah adonan selesai, jelas Fahriana, diamkan selama 15 menit. Lalu dioven, selama 15 menit juga.

Sementara untuk membuat pattynya,  memerlukan 600 gram daging sapi serta bahan-bahan lain seperti chili powder, seasoning, tepung roti, enam butir telur dan cabe segar. 

"Untuk cabe segarnya, satu The Grinch Burger membutuhkan satu setengah kilogram cabe." 

Cara membuat pattynya, daging sapi di cincang dan dicampur dengan bahan -bahan lainnya, seperti,  telur,  cabe segar serta chili powder. Memasak pattynya menggunakan teknik pan frying. Alat penggorengan dipanaskan kemudian diberi sedikit minyak. Setelah itu adonan petty dimasak kurang lebih dua menit kemudian dimasukan oven bersuhu 150 derajat celcius selama sekitar tujuh menit.

Lalu The Grinch Burger super pedas sudah dapat dinikmati. Cara menikmatinya? Ukuran jumbo begitu? Gampang, sama saja, tinggal santap hahahaha. Asik lagi kalau dipadu dengan dua gelas es teh manis atau satu botol beer secara gratis. 

Fanidia Larasati,  Public Relation Excutive Swiss-Bellin Manyar, mengatakan, menu ini dibandrol dengan harga 139 ribu rupiah. Atau bisa juga gratis, asal ada yang mampu menghabiskan burger ini sendirian dalam waktu 15 menit. Nah, keren kan, coba yuk... (pts)

Penulis : Pita Sari
Editor : Widi Kamidi


Bagikan artikel ini