Ilustrasi sebaran Covid-19 masih melanda Tanah Air. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Ilustrasi sebaran Covid-19 masih melanda Tanah Air. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Tetap Waspada dan Ingat 3M

Ngopibareng.id Nasional 02 December 2020 13:28 WIB

Kasus penularan konfirmasi positif virus corona (Covid-19) di wilayah Indonesia dalam 24 jam terakhir yakni terjadi penambahan sebanyak 5.092 kasus per Selasa 1 Desember 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal saat mengetahui penanganan Covid-19 di Indonesia memburuk. Apalagi saat mengetahui kasus aktif nasional kini berada di angka 13,41 persen, lebih tinggi daripada pekan lalu yang hanya 12,78 persen meski masih di bawah rata-rata dunia.

Presiden juga menyoroti soal penurunan persentase kesembuhan. Persentase kesembuhan Indonesia pada pekan ini turun menjadi 83,44 persen daripada pekan sebelumnya yang mencapai 84,03 persen.

Presiden pun berpesan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk terus mengingatkan para kepala daerh untuk melindungi keselamatan warganya, mengingat kepala daerah yang punya kendali penuh dalam penanganan Covid-19.

Menurut Jokowi tanpa sense of crisis mustahil bisa menghadapi situasi pandemi ke depan.

Presiden bahkan meminta agar rencana libur dan cuti bersama pada akhir tahun perayaan Natal dan Tahun Baru dipangkas. Tujuannya untuk mengurangi potensi lonjakan kasus Covid-19. Sebab, usai libur panjang akhir Oktober lalu, kasus positif tak terkendali.

Ahli epidemiologi terus mengingatkan pemerintah dan masyarakat untuk menjalankan upaya pencegahan penularan bukan hanya berupa 3M melainkan juga 3T.

#ingatpesanibu menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun lalu dibilas dengan air bersih yang mengalir selama 20 detik, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sementara pemerintah sigap melakukan 3T berupa testing atau pemeriksaan, tracing atau pelacakan kontak dan, treatment atau perawatan pasien Covid-19.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Ilustrasi tetap waspada bahaya Covid19 Taati protokol kesehatan 3M Grafis Fa VidhiNgopibarengidIlustrasi tetap waspada bahaya Covid-19. Taati protokol kesehatan 3M. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Jan 2021 02:24 WIB

Empat Ciri Masjid NU, Berdasarkan Alamiah Ibadah

Khazanah

Penjelasan Ustaz Ma'ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur

18 Jan 2021 22:40 WIB

Wapres Dukung Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen

Nasional

Gerakan nasional donor plasma konvalesen perlu solidaritas masyarakat.

18 Jan 2021 22:30 WIB

Bahas Transfer ke Fenerbahce, Mesut Ozil Tiba di Istambul Turki

Liga Inggris

Gelandang Arsenal ini akan bermain di klub Fenerbahce.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...