Bareng SheRadio,Fatma Foundation akan Periksa PapSmear di Mercure

16 Apr 2019 12:52 Surabaya

Sejak diresmikan pada 4 Februari 2019 lalu, Yayasan Citra Fatma Wanita atau yang lebih dikenal dengan Fatma Foundation terus bergerak menjemput bola untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan pap smear serta kanker payudara.

Sudah tujuh lokasi yang disambangi Fatma Foundation, terakhir memberikan penyuluhan kepada 162 warga binaan di Rutan Perempuan Klas II a Medaeng, Sidoarjo yang juga diikuti artis Vanessa Angle.

Tak ingin berhenti di sana, Fatma Foundation yang memiliki slogan 'Karena Cinta Kita Bisa' ini, juga akan memberikan pemeriksaan pap smear dan kanker payudara pada tanggal 28 April 2019 mendatang.

Bekerja sama dengan She radio dan Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Pemeriksaan akan dilakukan di halaman parkir Hotel Mercure Grand Mirama.

Fatma Saifullah Yusuf tadi pagi datang ke She radio untuk menginformasikan hal ini kepada warga Surabaya dan menjelaskan beberapa syarat yang harus diketahui sebelum pemeriksaan.

"Pertama papsmear hanya dilakukan bagi yang sudah menikah atau sudah pernah melakukan hubungan sex, tidak sedang menstruasi atau sudah bersih minimal 3 sampai 4 hari, tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan vaginal, selama 48 jam tidak berhubungan sex dan tidak menggunakan pantyliner, tidak sedang hamil dan tentunya harus wanita," ujar wanita kelahiran Jombang ini

Selain itu Fatma juga memberikan sedikit tips agar pemeriksaan bisa berlangsung secara efektif dan efisien.

"Sebaiknya memakai rok atau gamis saja saat pemeriksaan, biar mudah saat diperiksa dan supaya bisa mempercepat antrean didalam bus kesehatan," ujarnya.

Pemeriksaan pap smear dan payudara ini dilakukan secara gratis untuk 100 orang pertama, dan yang ingin mengikutinya bisa mendaftarkan diri melalui She radio. Sedangkan hasil pemeriksaan juga bisa diambil di She radio setelah satu minggu pemeriksaan.

Untuk proses deteksi dini itu sendiri, Fatma Foundation telah menyiapkan Bus kesehatan yang dilengkapi dengan dua kursi obgyn untuk pemeriksaan pap smear dan payudara yang cukup lengkap dan modern. Kondisi di dalam bus juga sangat nyaman dan dilengkapi pendingin udara.

Fatma menjelaskan bahwa program Fatma Foundation selama ini bersifat promotif dan preventif sehingga lebih mengedepankan penyuluhan dan pencegahan dengan deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

Dengan pemeriksaan dini, mereka yang terdeteksi keputihan, gejala tumor atau kanker, diharapkan bisa segera ditangani dan diobati sehingga tidak menjadi kanker stadium lanjut.

"Fatma Foundation ini didirikan salah satunya demi mewujudkan mimpi kami yakni membantu perempuan di Indonesia khususnya di Jawa Timur untuk semakin sadar terhadap kesehatan dirinya," kata istri mantan wakil gubernur Jawa Timur dua periode Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ini.

Untuk itu, Fatma Foundation mengambil peranan penting untuk mengajak perempuan menjadi lebih sehat, dengan memeriksakan dirinya melalui pemeriksaan pap-smear dan payudara," ujarnya. (pit)

Reporter/Penulis : Pita Sari
Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini